DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LAWATAN SEJARAH

Kepala Seksi Sejarah dan Tradisi “Dra. Asih Setyowati” dalam rangka untuk memperkuat karakter kebangsaan bagi siswa telah melaksanakan kegiatan lawatan sejarah di Candi Singosari Malang Jawa Timur.

Selasa 13 Maret 2018 Tamu Rombongan dari Kabupaten Madiun diterima langsung oleh “Dr. Didik Sukriono, SH, M. Hum” Kepala UPT Laboratorium Pancasila UNM Malang di Universitas Negeri Malang Jalan Semarag 5 Malang.

Rabu 14 Maret 2018 melaksanakan deklarasi Komunitas Pegiat Kebangsaan di Candi Singosari Malang. Diikuti seluruh Pengurus OSIS SMP Negeri se Kabupaten Madiun di Candi Singosari Malang.

Menurut informasi dari “Dra. Asih Setyowati”kegiatan ini mempunyai tujuan :

  1. Memperkenalkan peninggalan sejarah dan budaya, untuk melestarikan, melindungi dan memelihara peninggalan sejarah dan tradisi yang masih ada di masyarakat;
  2. Membuka cakrawala yang luas kepada siswa tentang pluralisme Bangsa Indonesia dan simpul-simpul yang merajud keberagaman dan memperkuat integrasi bangsa;
  3. Sarana untuk mempraktekkan pembelajaran sejarah yang edukatif, kreatif, dan inspiratif.

Tema :

  1. Membangun memori kolektif generasi muda terhadap sejarah perjuangan untuk merekat kesatuan dan persatuan bangsa;
  2. Merawat keberagaman melalui memori kolektif untuk memperkokoh karakter bangsa

Metode kegiatan, Yakni Kunjungan lapangan, diskusi dan kerja kelompok dan ikrar dengan Peserta sasaran seluruh pengurus OSIS SMPN Negeri se Kabupaten Madiun, terdiri dari 4 orang Guru sejarah/IPS SMP, 72 orang Siswa SMP (Pengurus OSIS) dan 24 orang anggota KPK (Komunitas Pegiat Kebangsaan).