DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SERBA SERBI LOMBA DONGKREK DAN KARAWITAN

Ada beberapa sekolah Kabupaten Madiun yang sudah terdaftar sebagai anggota Pendidikan dan pengembangan seni tradisi (PPST) Jawa Timur, yakni SMPN 01 Balerejo (Nawang Krido Taruno), SMPN 02 Nglames (Cundrik Kencono), SDN Babadan 01 Kecamatan Balerejo Puspa Rama ) dan SDN 01 Mejayan (Pasendrat Lukardo).

Namun dari keempat anggota PPST tersebut belum seluruhnya bisa meraih yang terbaik ketika mengikuti lomba seni yang diadakan pada peringatan hari jadi Kabupaten Madiun yang ke 450 di alon-alon Mejayan pada tanggal 30 s.d 31 Juli 2018 kemarin.

SMPN 1 Balerejo yang telah meraih prestasi puncak, yakni telah menyabet juara I Karawitan dan dongkrek juga merebut tiga sub bagian dari kategori dongkrek dan satu kategori dari karawitan.

Dari kategori dongkrek telah menyabet tiga yakni sebagai peñata musik, tari dan rias busana terbaik, sedangkan kategori Karawitan sebagai peñata musik terbaik.

SMPN 02 Nglames juara III lomba seni pertunjukan karawitan dan dinobatkan sebagai peñata rias busana terbaik numun belum beruntung tidak mendapat kejuaraan dalam lomba seni pertunjukan dongkrek.

SDN Babadan 01 Kecamatan Balerejo harus puas sebagai juara III dalam lomba pertunjukan dongkrek, namun belum berhasil pada lomba seni pertunjukan karawitan, sedangkan rekan PPST Kabupaten Madiun yaitu SDN 01 Mejayan belum berhasil mendapat dari satupun kejuaraan.

Telah bermunculan sekolah baru yang tidak terdaftar dalam PPST Provinsi, seperti juara I dongkrek dari SDN Kuwu 01 Kecamatan Balerejo, juara II SDN Balerejo Kecamatan Kebonsari, sedangkan karawitan juara I SDN Tambakmas 01 Kecamatan Kebonsari, juara II SDN Ngampel Kecamatan Mejayan dan juara III SDN Kenongrejo Kecamatan Mejayan.

Untuk jenjang SMP, dongkrek  Juara II SMPN 02 Mejayan dan Juara III SMPN 02 Geger, sedangkan lomba Karawitan juara II SMPN 01 Kebonsari, perlu diperhitungkan dari sekolah baru tersebut oleh TIM PPST Provinsi, ternyata di Kabupaten Madiun sudah mengalami perkembangan sangat pesat.