DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SELEKSI KEPALA SEKOLAH, GURU, PENGAWAS BERPRESTASI DAN BERDEDIKASI

18 Februari 2019 Pukul 08.00 WIB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si, membuka kegiatan pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berprestasi dan Berdedikasi yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Suprijadi, M.Pd, Kepala Bidang Ketenagaan Drs, Hendro Suwondo, M.Pd, dan Kabid Pembinaan SMP Prapto Purnomo, S.Pd, M.Pd pada gelombang pertama sejumlah di Gedung Dwija Hayu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas berharap kepada peserta untuk bisa mengetahui makna dari kata hebat, hebat berarti bukan hanya sekedar mempunyai prestasi dengan nilai yang tinggi dan sempurna saja, bukan hanya sekolah mempunyai gedung dan peralatan yang serba mewah saja.

tetapi percuma jika kemanfaatannya tidak untuk masyarakat banyak, maka akses sekolah harus dibuka sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya kepada masyarakat, tidak ada lagi dinding pemisah, karena kita tau bahwa 90% sekolah adalah milik masyarakat atau desa.

Makna hebat harus bisa bermanfaat kepada orang lain, bukan hanya untuk kepentingan dirinya saja, karena salah satu penilaian ini tidak hanya mempunyai nilai yang tinggi saja, tetapi termasuk bagaimana sepak terjang kehidupan sehari-hari bisa  berkolaborasi terhadap lingkungan sekitar dengan baik atau tidak.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Ketenagaan Drs, Hendro Suwondo, M.Pd selaku yang bertanggung jawab program ini menjelaskan, hari ini untuk gelombang pertama peserta dari unsur Kepala SMP 31, Kepala SD 15, Kepala TK 15 dan pengawas 7, sedangkan gelombang dua setelah gelombang selesai Guru TK 30, guru SD 30 dan guru SMP 77 dengan total 205 peserta.

Menurut Hendro Suwondo kegiatan ini dalam rangka upaya untuk meniningkatkan kompetensi peserta agar bisa berdampak positif terhadap mutu, karier dan kinerjanya, karena rangking terbaik akan berkelanjutan mengikuti pemilihan tingkat Provinsi dan Nasional.

Adapun kriteria penilaian pada setiap kompetensi

  1. Kompetensi paedagogik: tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
  2. Kompetensi kepribadian: tercermin dari kemampuan personal, berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, masyarakat dan berakhlak mulia.
  3. Kompetensi sosial: tercermin dari kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
  4. Kompetensi profesional: tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.

Harapannya, setelah proses pelaksanaan mulai dari penilaian portofolio, tes tulis hari ini, kemudian menunggu jadwal presentasi dan wawancara nanti, akan menghasilkan PTK rangking terbaik dan terhebat yang sesuai dengan harapan, karena pemerintah telah menuntut agar membuahkan “guru terampil yang milenial” sehingga mampu bersaing dengan daerah dan Negara lain.