Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

WORKSHOP PENINGKATAN MUTU PAUD

Kepala Seksi Pendidikan anak Usia dini Hariono melaksanakan kegiatan workshop peningkatan mutu pembelajaran PAUD (KB, SPS, TPA dan TK) pada tanggal 3 s.d. 4 September 2018 di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Menurut Hariono bahwa dalam diri manusia setidaknya memiliki delapan kecerdasan potensi. Kedelapan kecerdasan itu adalah kecerdasan bahasa, kecerdasan visual spasial, kecerdasan logika matematika, kecerdasan musikal, kecerdasan olah tubuh, kecerdasan mengenal diri sendiri, kecerdasan mengenal lingkungan orang lain, kecerdasan natural, kecerdasan moral.

Selain itu menurut hariono perlu adanya workshop ini karena pendidikan yang sukses sangat tergantung bagaimana pola guru dalam mendidik siswa, artinya Guru yang mendidik anak usia dini haruslah mempunyai kualifikasi khusus yang dapat menunjang pencapaian kompetensi lulusan

Fungsi pendidikan adalah untuk mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak, mengenalkan anak dengan dunia sekitar, menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, mengembangkan ketrampilan, kreativitas dan kemampuan yang dimiliki anak, menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

Adapun tujuan dari pendidikan anak usia dini adalah untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, kognitif, bahasa, fisik atau motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar atau untuk membentuk Insan yang sempurna.

Hariono kali ini mengambil nara sumber teknis dari luar kota dan lokal, yakni Nur Rahman dari lembaga Paper Game Indonesia Jogjakarta dan Lilik Sundari, S.Pd. AUD dari HIMPAUDI Kabupaten Madiun.