DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KOLABORASI DENGAN PENGUSAHA BATIK

 

Rini Susanti, S.Pd sebagai guru pembimbing keterampilan pembuatan “Batik jumput” SDN Sendangrejo Kecamatan Madiun telah banyak menginspirasi banyak siswa siswi nya untuk bisa mendapat pengalaman sebagai salah satu bekal hidup di kemudian hari.

Pengalaman sang guru sebagai pengusaha batik di rumahnya Desa Sendangrejo RT 08/RW 01 Kecamatan / Kabupaten Madiun Jawa Timur ini, ternyata tidak pelit untuk ditularkan ke siswanya.

Mengapa pengalaman usaha pribadi ditularkan ke seluruh siswa siswinya, menurutnya, tidak ada masalah, karena rejeki sudah ada yang mengatur, justru kalau pelit ilmu, akibatnya hasilnya  tidak akan mendapat barokah..

Dari hasil karya di rumah nya  yaitu batik jumput, tulis, lukis dan ecoprint, yang ditularkan ke siswa siswinya baru batik jumput sama kaos lukis, karena kemungkinan ada keterbatasan sesuatu dari pihak lembaga Sekolah.

Harapan dari guru sang pembimbing, tidak mungkin dari sekian banyak lulusan SDN Sendangrejo ini nantinya tidak ada satupun sebagai pengusaha batik, yakin tentu pasti ada, entah kapan semua adalah melalui proses panjang.

Betapa bangganya besok apabila ada dari salah satu siswa siswinya menjadi pengusaha batik sukses melebihi sang guru pembimbingnya, inilah merupakan bentuk nilai tambah dan tidak bisa dibeli atau ditukar dengan apapun.

Selain itu, sang guru menginformasikan tentang kriteria mengapa ada harga batik mahal ? menurutnya, tergantung dari tingkat kesulitan gambar dan jenis kain. kalau masalah warna biasanya lebih mahal menggunakan bahan alami.

Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlihan untuk menghasilkan sebuah karya sehingga bisa berguna kepada masyarakat merupakan suatu kebanggaan pribadi.