DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SDN GOLAN 01 : WEBSITE MASIH GRATISAN

 

Menurut Informasi dari salah satu Guru SDN Golan 01 Kecamatan Sawahan “Endah Sunaring Tyas, S.Pd SD” sudah melaksanakan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menurutnya, mengapa UU keterbukaan informasi Publik sudah terbit sejak Tahun 2008 dan pelaksanaanya tahun 2010, akan tetapi masih banyak lembaga Negeri belum sempat melaksanakan optimalisasi Informasi pelayanan Publik dengan maksimal.

Selain hal tersebut, sebenarnya ada point rawan apabila lembaga Pemerintahan tidak segera melaksanakan kegiatan tersebut, biasanya banyak lembaga meremehkan atau belum mempunyai petugas untuk menangani.

SDN Golan 01 Kecamatan Sawahan baru dari sekian banyak lembaga SD yang mempunyai Blog http://sdngolan01.blogspot.com untuk menginformasikan semua kegiatan, meskipun masih sifatnya gratis dan belum resmi menggunakan standat nasional sekolah, yakni sch.id.

Mengapa masih banyak sekolah belum mempunyai website resmi, padahal peruntukannya diperbolehkan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Perbedaan Website resmi dan gratisan adalah salah satunya apabila menggunakan domain resmi harus mendaftarkan dengan mencantumkan identitas dari lembaga, misalkan Foto copi KTP dan surat pernyataan ditanda tangani oleh Kepala Lembaga Negeri.

Jadi apabila website resmi menginformasikan berita tidak benar, masyarakat cepat untuk mencari alamat aslinya, sedangkan gratisan tidak mempunyai identitas resmi dari pemiliknya, sehingga sering terjadi penipuan online dan tidak bisa dilacak alamatnya.

Salah satu contoh misalkan apabila SDN Golan 01 menggunakan nama domain resmi, yakni sdngolan01.sch.id, sch.id menunjukkan website resmi, seperti misalkan kepunyaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan adalah dindik.madiunkab.go.id, go.id menunjukkan webste resmi pemerintahan.

Sekarang SDN Golan 01 masih menggunakan blog gratisan http://sdngolan01.blogspot.com, ada kata blogspot itu menunjukkan masih gratis, harapannya semoga untuk tahun mendatang sudah menggunakan website resmi.