DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

JUARA I OLIMPIADE MATEMATIKA

 

Informasi dari Kepala Sekolah SDN Mejayan 01 “Dwi Ratna Supriyani, S.Pd, M.Pd” bahwa salah satu peserta didiknya “Dwira Candra Purwa Lestari” telah meraih juara I Olimpiade MIPA Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 8 Maret 2018 di Aula eks UPT Pendidikan Kecamatan Madiun.

Mayoratas profil latar belakang dari sang Juara tersebut bukan dari kalangan PNS, POLRI, TNI atau BUMN tapi anakknya orang swasta murni, memang hal ini perlu mendapat perhatian khusus dan patut dicontoh oleh teman-teman lainya.

Untuk keberadaan SDN Mejayan 01 lokasinya sangat strategis, yakni di Ibu kota Kecamatan Mejayan, termasuk sangat dekat dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun baru, dan tergolong salah satu dari sekolah unggulan favorit, jadi tidak heran karena sudah mengantongi banyak kejuaraan.

“Dwira Candra Purwa Lestari” telah meraih juara I Olimpiade MIPA bidang Mata Pelajaran “Matematika” yang dilaksanakan taggal 5 s/d 8 Maret 2018 dengan jumlah peserta 418 lembaga SD Negeri/swasta di Aula Eks UPT Pendidikan Kecamatan Madiun.

Untuk Soal Matematika lebih ditekankan pada penalaran, yakni sebagian besar “soal cerita” dan ada sedikit soal bukan berupa soal cerita, maka agak sulit karena siswa harus kompetisi dengan mepetnya waktu yang ditentukan oleh panitia, adapun kesulitan sering dialami peserta sebagai berikut :

  1. Peserta harus mampu memahami soal, karena hal ini mememerlukan waktu lama untuk membaca dan apabila tidak mampu menuliskan secara lengkap atau salah tafsir dengan pertanyyanya, otomatis jawaban salah;
  2. peserta salah langkah dalam menentukan perencanaan karena ketidakmampuan untuk melaksanakan proses penghitungan sesua pertanyaan soal;
  3. Jarang melakukan pengecekan ulang, peserta takut jika akan kehabisan waktu.

Perlu ddiketahui bahwa SDN 01 Mejayan adalah banyak diminati orang tua dari peserta didik berasal dari dalam ibu kota kecamatan maupun luar daerah, dan mempunyai jumlah siswa sangat luar biasa banyaknya, yakni 530.

Rata-rata  ekonomi orang tua peserta didik termasuk golongan ekonomi atas, jadi tidak heran kalau banyak dari orang tua telah mendukung semua program dan kegiatan yang ditawarkan dari pihak sekolah.