DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

JARAK JAUH TIDAK MENJADI PENGHALANG

 

Menurut informasi guru SDN Sidorejo 01 Kecamatan Wungu “Etik Handriyani,S.Pd” meskipun lokasi sekolahnya sangat berdekatan dengan Kota Madiun, namun masih mempunyai jumlah siswa 162, ini berkat usaha kerja keras dari Semua Guru.

Masyarakat di perbatasan biasanya berusaha dengan segala cara apapun agar anaknya bisa sekolah ke Kota Madiun, kembali ke permasalahan utama setiap tahun terus menerus dihantui seperti itu.

Hal inilah salah satu pertanyaan yang harus segera dijawab dan menjadi pekerjaan rumah semua guru SDN Sidorejo 01, apakah harus diam saja, atau harus melakukan terobsan baru.

Selain permasalahan tersebut, juga permasalahan seperti tumbuh berkembang dan semakin subur Sekolah swasta dengan menawarkan atau iming-iming banyak pogram inovasi yang sangat digemari orang tua maupun peserta didik.

Masih untung Kota Madiun selalu mengutamakan Penerimaan Peserta Didik Baru dari warganya sendiri, capainya10 persen dari pagu bisa diisi peserta didik dari luar kota Madiun, hal ini berarti anak rangking atas dari wilayah Kabupaten terserap ke kota.

Menurut Kepala sekolah, hal ini jelas tidak bisa dibiarkan dan tidak harus saling mencari kambing hitam, siapa sebenarnya yang salah? semua pihak harus bersatu untuk menyamakan persepsi.

Sementara dari pihak sekolah telah mengambil inisiatif membentuk Group Drumband untuk menarik minat para orang tua dan peserta didik agar tertarik mau menyekolahkan anaknya dan tidak tergiur lagi hijrah di Kota.

Drumband hanyalah salah satu sarana saja, akan tetapi jangan sampai melupakan prestasi akademik, karena harapan orang tua setelah lulus SD anaknya bisa melanjutkan ke SMP terbaik atau unggulan, jelas itu merupakan tujuan utama.

Lokasi SDN Sidorejo 01 di jalan Lawu No 105, tepatnya belakang Pabrik Gula Kanigoro, arah menuju tempat rekreasi “Krangkeng” meskipun sampai saat ini belum banyak menjadi perhatian karena memang belum dikelola dengan maksimal.

Jarak ke SMP terdekat adalah justru ke wilyah Kota Madiun yakni SMPN 10 Kota Madiun (2,3 Km), SMPN 4 Kota Madiun (4,7 Km) sedangkan wilayah Kabupaten Madiun, yakni ke SMPN 1 Wungu (10,4 Km) dan SMPN 2 Wungu (7,1 Km).

Dari salah satu alasan kendala dari para Orang Tua dan Peserta didik daerah Sidorejo lebih cenderung sekolah ke wilyah Kota Madiun, namun sebenarnya jika sekolah di wilayah Kabupaten mempunya terobosan yang lebih hebat lagi, jarak jauh tidak dijadikan alasan dan pasti ditempuh juga.