DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PEMINDAI DIGITAL USBN SD 100 LEMBAR PER MENIT

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” tanggap adanya pemindai digital USBN jenjang SD sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru, karena umur mesin lama sudah lebih dari lima tahun.

Kenyamanan petugas perlu diperhatikan karena mengingat betapa pentingnya pemindai digital lembar jawaban kerja (LJK) untuk menentukan hasil nilai ujian dari peserta didik jenjang sekolah dasar.

USBN tidak untuk menentukan hasil kelulusan, namun besaran nilai sebagai penentu untuk melanjutkan ke sekolah jenjang yang lebih tinggi.

Beliau menginformasikan bahwa kecepatan alat baru ini bisa mencapai 100 lembar per menit, jadi bisa menghemat waktu, karena petugas bekerja malam hari setelah hasil LJK sudah terkumpul dari sekolah.

Peserta didik yang mengikuti USBN SD/ MI adalah 9.154, kalau menggunakan alat yang lama, jika dimulai jam 8 malam bisa sampai jam 4 pagi, itu kadang belum tuntas, karena menyesuaikan fisik petugas, namun dimungkinkan dengan adanya tambahan dua alat baru ini, sekitar jam 1 malam bisa selesai.

Tim pemindai pada hari pertama terbukti bisa menyelesaikan lembar jawaban komputer (LJK) dengan tuntas pada jam satu malam, dengan demikian adanya dua tambahan mesin baru tersebut bisa menghemat tenaga dan waktu.