DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

OLIMPIADE GUGUS JENJANG SEKOLAH DASAR

 

Kepala Bidang Pembinaan SD “Adrianto, SE, MM” selaku penanggung jawab semua Program jenjang SD dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SD “Endang Purwaningsih, S,Sos, M.Si” selaku penanggung jawab kegiatan mengadakan olimpiade gugus jenjang sekolah dasar di gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun.

Menurut Adrianto, SE, MM tujuan kegiatan adalah meningkatkan motivasi pendidik dan tenaga kependidikan SD dalam meningkatkan kinerja gugus sekolah melalui kompetisi yang sehat untuk mewujudkan manajemen Sekolah Dasar yang efektif.

Selain itu juga sebagai untuk Meningkatkan mutu proses dan hasil belajar anak melalui:
Pembinaan manajemen gugus dan manajemen SD Pembinaan administrasi kesiswaan SD Pengembangan kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar, Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan Sekolah Dasar, Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendidikan Sekolah Dasar.

Endang Purwaningsih, S,Sos, M.Si pelatihan ini dilaksanakan dua hari, yakni tanggal 9.s.d. 10 Oktober 2018 dengan jumlah peserta 576, yang dibagi untuk hari pertama 288 Kepala Sekolah dan hari kedua 288 dari wakil guru mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan KKG.

Gugus SD Sekelompok SD yang relatif berdekatan secara geografis, terdiri dari 6 sampai 8 SD, yang dari 6-8 SD tersebut, dipilih salah satu sebagai SD Inti, SD Inti dan Salah satu SD dalam satu Gugus SD yang dianggap paling maju mempunyai kelebihan baik secara fisik, sarana-prasarana, ketenagaan, manajemen maupun prestasinya.

Sedangkan SD lain atau anggota Gugus SD disebut SD Imbas yang Anggota atau keluarga Gugus SD, yang sedang tidak berperan sebagai SD Inti, Jadi SD Inti seperti ketua Gugus atau koordinator Gugus sedangkan SD Imbas adalah anggota atau keluarga Gugus SD kemudian Keluarga gugus SD bertemu di Kelompok Kerja Guru (KKG).

Tes tulis sudah dilaksanakan, tinggal menunggu hasil dari Tim yang melibatkan dari pengawas dan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.