DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SENAM AEROBIK GYMNASTICS PRODUK KKG OLAHRAGA

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Olahraga Sunarto Guru Kepet 01 kecamatan Dagangan, mengumpulkan 60 siswa jenjng SD untuk mengikuti pelatihan senam erobik di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Madiun.

Jumlah kecamatan di Kabupaten Madiun ada 15, jadi masing-masing kecamatan mengirim 4 wakil siswa, untuk kelas VI tidak diperbolehkan ikut karena sebentar lagi akan menghadapi Ujian Sekolah, maka dikhusukan untuk kelas V kebawah.

Sejak jaman milenial, anak seusia SD kebanyakan bermain Gudget, dengan demikian banyak yang menghabiskan waktu untuk tidak melakukan gerakan nyata, mereka hanya bergerak dengan menggunakan media tersebut, hal ini sangat membahayakan jika tidak cepat-cepat dialihkan perhatiannya.

Pengguna gudget seusia SD sangat kecil capaian indikatornya yang menggunakan media untuk pembelajaran, misalkan mencari informasi untuk kepentingan kebutuhan ilmu yang disenangi, mereka lebih menyukai mencari yang sifatnya sejenis hiburan.

Sunarto berusaha untuk bisa mengatasi semua permasalahan tersebut, 60 anak ini nanti di proyeksikan untuk melatih atau menularkan pengalamannya di masing-masing kecamatan, selain itu juga dipersiapkan utuk TIM aerobik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun untuk persiapan mengikuti event atau lomba, baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

“Siswa ini akan dilatih oleh tenaga yang sudah berpengalaman, dan kegiatan ini sifatnya bukan sesaat saja, namun terus berkelanjutan sehingga terbentuk kelompok pesenam aerobik hasil bidikan Tim KKG Olahraga yang akan diperuntukkan untuk Dinas terkait,” tegas Sunarto.

Selain dilatih teori gerakan, mereka juga diberi pemahaman tentang manfaat senam aerobik, agar tergerak hatinya untuk lebih mencintai senam ini, misalkan, senam aerobik selain bagus untuk kesehatan tubuh ternyata juga bermanfaat bagi otak kita, senam aerobik bisa meningkatkan fungsi kognitif dan emosi secara positif jika kita menyelesaikan aerobik sekitar 30 menit.

Selain itu juga dapat meningkatkan zat kimia ke otak yang membantu otak membentuk sel-sel baru dan membantu sel-sel tersebut menciptakan sambungan-sambungan baru yang dapat meningkatkan kapasitas belajar.

 “pembentukan kelompok senan aerobik produk KKG Olahraga ini membutuhkan komitmen dan konsentrasi penuh, mengajarkan siswa untuk selalu berdedikasi tinggi, pada akhirnya mereka sadar bahwa kemanfaatannya untuk dirinya sendiri, selain itu untuk memperkenalkan senam aerobic gymnastics pada anak dan mempersiapkan atlet di event O2SN dan kejuaraan senam tingkat provinsi” itulah harapan Sunarto