DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI DENGAN FLASH

Informasi dari beberapa peserta E-learning pada hari ke dua tanggal 6 Maret 2018 Di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pembuatan media presentasi dalam rangka mempermudah peserta didik bisa menyerap semua pelajaran dari sang pendidik.

Sang Guru mengatakan bahwa pelatihan e-Learning ini beda dengan menggunakan CMS Moodle yang peruntukannya untuk membuat bank soal online maupun ofline dan hasilnya otomatis langsung bisa keluar rangking nilai.

Pelatihan kali ini lebih ditekankan dengan menggunakan Adobe Flash CS3, software yang dirancang untuk membuat “animasi berbasis vector” dengan ukuran kecil, dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi.

Apa itu Flash? Menurut beberapa sumber Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash atau Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3.

Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kemampuan Flash

  • Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
  • Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
  • Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
  • Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone.
  • Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.

Untuk mengoperasikan software tidak diperlukan keahlihan khusus, modal dengan kemauan yang keras atau tinggi, cukup tidak ada tiga hari sudah bisa menjadi ahli, seperti ungkapan Kepala Dinas kemaren waktu membuka kegiatan, karena disitu sudah disediakan menu tombol penggunaan untuk mempermudah pengguna.

Sekali lagi Pelatihan kali ini bukan untuk membuat semacam Bank Soal online maupun ofline dengan otomatis sudah ada rekap rangking nilai seperti menggunakan CMS MOODLE, akan tetapi lebih ditekankan pada metode presentasi menggunakan flash.