DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENGUMUMAN FESTIVAL MUSIK TRADISIONAL

 

Kepala Bidang Pembinaan SMP “Prapto Purnomo, S.Pd” mengumumkan hasil lomba musik tradisional yang merupakan salah satu dari cabang FLS2N dengan jumlah 6 peserta pada tanggal 4 Mei 2018 di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Beliau, tema kali ini adalah Memahami akan “PESONA MERDU TEMBANG NEGERI KU” diharapkan mampu “Mendulang Kreativitas, Memupuk Pekerti, hingga tercipta Karakter Luhur Anak Indonesia”. Berdasarkan tema besar itu, maka semua karya pada Festival Kreativitas Musik Tradisional berdasarkan tema “CINTA TANAH AIR”

Perlu digali informasi mengapa jumlah SMP Negeri se kabupaten Madiun jumlahnya 37 lembaga sedangkan yang ikut hanya 6 lembaga, capaian indikator peserta baru mencapai 16,21%, masih jauh dari harapan/

Hal ini menurut Beliau harus ada tim pemantau, apakah kekurangan guru kesenian atau sarana prasarana belum memadai, sehingga perlu ada kajian agar peserta tahun depan semua jenjang SMP Negeri bisa ikut.

Sedangkan tujuan adalah Menyediakan wahana dan sarana bagi siswa agar dapat mengapresiasi musik daerah sendiri dan musik daerah lain sehingga tercipta rasa saling menghargai dan rasa bangga memiliki keragaman musik tradisi Indonesia dan membentuk sifat dan kepribadian siswa agar memiliki karakter luhur.

Materi festival adalah garapan, kemasan, dan atau kreativitas “baru” musik tradisional dengan mengusung lagu-lagu khas daerah setempat (kearifan lokal), yang belum pernah dipublikasikan ke khalayak.

Tim juri terdiri jangkung, S.Pd, Arik PY dan Yani Bharoto memutuskan juara I SMPN 1 Balerejo, juara II SMPN 2 Geger, Juara III SMPN 1 Kebonsari, Juara Harapan I SMPN 1 Geger dan Juara harapan II SMPN 2 Nglames.