DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” menginformasikan bahwa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2018 Kabupaten Madiun tidak berdasarkan sistem zonasi, karena wilayah Madiun belum memungkinkan untuk melaksanakan sesuai permendikbud No 17 tahun 2017.

Menurut Beliau, harapan dari sistem zonasi adalah siswa harus mendaftar di sekolah terdekat, tidak ada lagi siswa pintar mengelompok di salah satu sekolah favorit, karena pada inti nya pemerintah berusaha menghilangkan sekolah favorit.

Kelemahan tidak menggunakan sistem zonasi adalah masih adanya sekolah favorit, otomatis masyarakat terdekat yang mempunyai nilai rata-rata rendah bisa terdesak dengan anak lebih pintar dari luar wilayah.

Kabupaten Madiun mempunyai empat sekolah jenjang SMP yang favorit, yakni SMPN 1 Geger, SMPN 1 Dolopo, SMPN 1 Mejayan dan SMPN 2 Mejayan, sebaiknya keempat sekolah ini sudah menerima peserta sebelum tanggal yang ditetapkan dalam peraturan bupati tersebut.

Karena jika penerimaan peserta didik bersamaan dengan jadwal sesuai perbub tersebut, justru akan merugikan sekolah lain, karena mereka yang tidak diterima di sekolah favorit akan lari ke sekolah lain, akan tetapi tidak bisa masuk karena terbentur atau menyalahi perbub tersebut, yakni batas waktu sudah habis.

.Pedoman pelaksanaan silahkan baca disini