DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

JUARA CIPTA CERPEN BERBAHASA INDONESIA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba cerpen berbahasa Indonesia yang merupakan dari salah satu cabang program Kemendikbud yakni Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang diikuti 42 peserta SMP Negeri/Swasta pada tanggal 20 agustus 2018 di SMPN 2 Wungu.


Karya sastra yang baik selalu mengajak para pembaca untuk merenungkan berbagai hal yang terjadi di sekitarnya. Nilai-nilai diajarkan dengan cara yang ringan, tidak menggurui, sekaligus menghidupkan imajinasi. Nilai-nilai positif dalam karya sastra berpeluang lebih tertancap dalam di benak para siswa karena disampaikan melalui cerita yang hidup dan imajinatif.

Sebagai bagian dari aktivitas literasi, kemampuan membaca berkorelasi dengan kemampuan menulis. Hal itu berarti bahwa kehadiran karya sastra di kalangan siswa diharapkan bisa menumbuhkan minat baca yang baik. Dengan tumbuhnya minat membaca dan menulis, siswa diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan bahan bacaannya, baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat luas.

Untuk itu, siswa perlu dipersiapkan dan diberi pelatihan dengan cara mengasah proses kreatifnya melalui penciptaan karya sastra, salah satunya, dalam wujud cerita pendek. Sebagai wadah proses kreatifnya, dipandang perlu siswa mengikuti dan berkompetisi pada Lomba Cipta Cerpen dalam ajang Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tingkat SMP Tahun 2018

Juara I SMPN 1 Wonoasri Alrohma Nikmawati, juara II SMPN 1 Jiwan Khusna Lathifah, juara III SMPN 2 Wungu Alifatur S, Juara IV SMPN 1 Pilangkenceng Fadhila Khusnul N, juara V SMPN 1 Geger Endita Dwi Soleha.