Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

JUARA CIPTA PUISI

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba cipta puisi yang merupakan dari salah satu cabang program Kemendikbud Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang diikuti 42 peserta SMP Negeri/Swasta pada tanggal 24 agustus 2018 di SMPN 2 Wungu.

Apresiasi terhadap karya sastra dapat dilakukandenganberagamcara,di antaranya adalah mencipta puisi. Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, siswa mendapatkan pengalaman menulis puisi. Kemampuan menulis puisi akan berkembang dengan baik jika siswa memiliki kekayaan akan bacaan. Menulis dan membaca merupakan aktivitas yang tidak bisa dipisahkan. Membaca akan meningkatkan pemahaman, wawasan, dan pengetahuan. Menulis dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan menciptakan karya sastra. Dengan demikian, kedua kegiatan tersebut secara langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berliterasi.

Cipta puisi termasuk ke dalam ranah apresiasi produktif, yaitu suatu aktivitas kreatif yang menghasilkan tulisan dengan kualitas estetik. Tulisan memiliki kualitas estetik jika mampu memberikan pengalaman, pengetahuan, keindahan, dan daya gugah bagi pembaca. Mencipta puisi membutuhkan kepekaan terhadap berbagai persoalan kehidupan, kekayaan imajinasi, kecermatan memilih kata, menciptakan bahasa kias, dan menyusunnya menjadi rangkaian kata dengan memperhitungkan aspek lima. Ramuan berbagai aspek tersebut menghasilkan puisi yang mampu memberikan makna kepada pembaca.

Pada kegiatan olimpiade literasi ini, lomba cipta puisi dirancang dengan memperhatikan kemampuan siswa dalam memahami tema, menyerap realitas kehidupan, memahami bacaan, mengolah imajinasi, dan kemampuan menuangkannya dalam bentuk puisi. Tema lomba cipta puisi dipilih dengan memperhatikan fenomena kekinian yang secara konkrit dihadapi siswa dalam kehidupan. Harapannya siswa memiliki kepekaan terhadap berbagai persoalan kehidupan dan  mampu menautkannya  dengan  wawasan  dan  pengetahuan adalah hasil pengolahan realitas, kekayaan wawasan dan pengetahuan, serta kmempuan mengolah imajinasi yang duwujudkan dalam rangkaian kata yang memiliki kualitas keindahan

Juara I SMPN 2 Gemarang Arimbi Damayanti, Juara II SMP Muh. 2 Mejayan Annisa Nabila Putri, Juara III SMPN 2 Mejayan Anggia Dinda Firdanis, Juara IV SMPN 3 Dolopo Okta Viana Rimadani, juara V SMPN 1 Kebonsari Ida Ariyanti.