DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

DEBAT BERBAHASA INDONESIA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba debat berbahasa Indonesia yang merupakan dari salah satu cabang program Kemendikbud Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang diikuti 40 peserta SMP Negeri/Swasta pada tanggal 23 agustus 2018 di SMPN 2 Wungu.

Dalam rangka menghadapi tantangan era global, situasi saat ini membutuhkan generasi muda Indonesia yang cakap dan tangguh untuk mengawal dan memperkuat jati diri bangsa dengan kekuatan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan Debat Berbahasa Indonesia merupakan media untuk mengekspresikan seni berbicara; melatih kepekaan; melatih disiplin dan tanggung jawab; serta memperdalam dan memperkuat kecintaan peserta debat terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi menjadi alat aktualisasi diri, terutama untuk mengekspresikan perasaan dan hasil pemikiran dalam konteks budaya akademik bagi para siswa. Kegiatan Lomba Debat Berbahasa Indonesia ini diharapkan mampu meningkatkan kecakapan siswa SMP dalam berbicara, mengeluarkan pendapat, ide, maupun solusi untuk sebuah topik/permasalahan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Juara I SMPN 1 Jiwan (Yudha Vira Samudera, Amanda Dini Astuti, Galang Auditya Sena), Juara II SMPN 1 Wonoasri Jeti Riski Kusumaningtyas, Cheese Yusranisa Khansa N, Fageista Alfa Amelyana), Juara III SMPN 2 Mejayan (Eka Trimawati, Dewa Pratama Pramuwita, Muhammad Gonim)