DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PEMBEKALAN UJIAN NASIONAL 2017

16/01/2017, Pukul 08.00 WIB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SODIK HERY PURNOMO S.Sididampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP “PRAPTO PURNOMO, S.Pd” dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilian Bidang Pembinaan SMP “AGUS WIDI AGUNG, S.Pd, M.Si” berkenan mambuka kegiatan Pembekalan Ujian Nasional Berbasis Nasional (UNBK) dihadapan 160 undangan dari operator UNBK dan Waksek Kurikulum SMP di Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SODIK HERY PURNOMO S.Simengatakan bahwaseperti kita ketahui bahwa pemerintah telah menetapkan dan memutuskan untuk Ujian Nasional Tahun 2017 tetap dilaksanakan, meskipun di awal awal  pada akhir Tahun 2016 telah terjadi perbedaan pendapat dan telah diperbincangkan keberadaannya, namun sekarang sudah terbit jadwal nya yang akan dilaksankan sekitar pada bulan Mei.

Harapan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SODIK HERY PURNOMO S.Si adalah bahwa momen ini adalah kita jadikan wadah awal konsolidasi sampai pelaksanaan Ujian Nasional nanti, kita harus memperkuat diri bahwa Ujian Nasional di Kabupaten Madiun harus sukses, tidak ada kata gagal, satu kata harus bisa mengukir prestasi yang membanggakan dan lebih bagus dari tahun kemaren.

Beliau yakin bahwa harapan ini adalah merupakan harapakan kita semua, harapan ini tidak akan terwujud, tanpa kebersamaan kita, tanpa ada dukungan dari kita semua, hal ini yang akan memacu kita pada pertemuan pada hari ini.

Kita semua harus berkomitmen bahwa Ujian Nasional Harus Sukses, harus berhasil, dan dapat mampu mengantarkan anak didik kita menjadi anak didik yang berhasil, tidak cuman sekedar sukses pelaksanaan Ujian Nasinal tapi juga sukses hasilnya.

Beliau berkomitmen pula bahwa akan mendatangi semua SMP secara bergilir sampai sebelum bulan Mei, yang pertama kemaren adalah  SMPN 1 Geger, dari materi yang disampaikan kemaren harapannya adalah bahwa seluruh siswa tidak hanya bisa mengerjakan soal akan tetapi harus mampu untuk berkompetisi di tingkat Provinsi.

Beliau Berjanji bahwa jika nanti ada anak didik kita yang bisa meraih prestasi di tingkat Provinsi baik itu dari anak didik SMP maupun MTs, saya pribadi Insya Allah akan memberi reword, semoga hal ini bisa memacu dan memotivasi seluruh anak didik kita untuk bisa berkompetisi meraih prestasi yang hebat.

Semobayan Beliu bahwa Kompetisi bukan hanya sekedar dalam rangka meraih reword saja, akan tetapi harus berkompetisi yang sehat, bersih dan jujur, itulah yang harus ditanamkan kepada seluruh anak didik semua, karena jika tadak ada kata kunci “jujur” berarti kita percuma mendidik anak didik yang gagal.

Bupati Madiun mencanangkan bahwa mulai Tahun 2017 utamanya seluruh peserta didik mulai SD sampai dengan SMP wajib hukumnya harus diajari baca tulis Al Qur’an, apapun agamanya wajib paham dengan kitab sucinya masing masing, hal ini dalam rangka agar semua anak didik kita menjadi anak yang jujur, mau tidak mau dasarnya adalah agama.

Selain untuk bisa memotivasi kepada semua peserta didik untuk bisa baca tulis Al Qu’an, perlu diketahui bahwa hampir semua perguruan tinggi negeri lebih mengutamakan menerima peserta didik yang hafal Al Qur’an, hal ini perlu disampaikan kepada semua peserta didik mulai SD dan SMP.

Salah satu cara dan salah satu metode untuk mengurangi terjadinya kecurangan Ujian Nasional adalah Pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Beliau berharap baik SMP maupun MTS untuk memaksimalkan melaksanakan UNBK.

Bagi sekolah yang belum mampu melaksanakan UNBK mohon untuk berkoordinasi dengan SMA dan SMK terdekat, karena pelaksanaan UNBK antara SMP, SMA dan SMK beda jadwalnya, hal itu salah satu cara untuk bisa melaksanakan sistem UNBK dengan maksimal, dengan harapan untuk mengurangi terjadinya kecurangan kecurangan.

Beliau berharap bahwa baik SMP maupun MTS harus memaksimalkan pelaksanaan dengan sistem UNBK, Beliau akan segera secepatnya berkoordinasi dengan Kepala Kemenag Kabupaten Madiun, karena baik SMP maupun MTS adalah semua masuk wilayah Kabupaten Madiun, yang bupati nya hanya satu, jadi tidak ada Bupati khusus untuk SMP maupun Bupati khusus untuk M.Ts, semua sama,. sekali lagi untuk membangun Kabupaten Madiun.

Kepala Bidang Pembinaan SMP “PRAPTO PURNOMO, S.Pd” mengatakan bahwa Sebelum Teknis diberikan oleh Tim saya akan menyampaikan bahwa Tujuan Ujian Nasional adalah sebagai tolok ukur tingkat Nasional berkaitan dengan ketercapaian dan keberhasilan setiap sekolah baik bagi peserta didik maupun guru, maka Ujian Nasional Wajib dilaksanakan.

Seperti apa yang disampaikan bapak Kepala Dinas bahwa apabila kita punya komitmen, harapan, keinginan dan ada upaya, Insyaallah Allah akan mengabulkan, adapun harapan, keinginan dan upaya Bapak Kepala Dinas adalah prestasi Ujian Nasional kali ini bisa lebih baik bahkan jauh lebih dari tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SMP “AGUS WIDI AGUNG, S.Pd, M.Si” mengatakan bahwa untuk menyikapi apa yang disampaikan bapak Kepala Dinas tadi bahwasanya mengharapkan seluruh sekolah untuk melaksanakan UNBK.

Perlu diketahui khusus untuk SMP ada 15 lembaga yang baru kita kirim daftar ke Provinsi sedangkan yang 30 lembaga  sudah siap untuk melaksanakan UNBK, sedangkan untuk MTs kemaren rencannya 3 lembaga ternyata mundur 1 jadi tinggal 2 lembaga, kami berharap untuk MTs untuk secepatnya koordinasi dengan pihak Kemenag.

Infromasi penting untuk sekolah yang belum siap atau tidak mempunyai komputer, kemaren ada intruksi untuk menggabung ke SMA atau SMK terdekat, namun ternyata ada kendala yaitu bahwa server untuk UNBK harus terdaftar di pusat, jadi server yang digunakan SMA dan SMK tidak bisa digunakan untuk UNBK sekolah lain, minimal kalau ingin menggabung harus punya server sendiri.

Berkaitan dengan edaran point 1 tentang pelaksanaan Ujian Nasional berbunyi mewajibkan dan menetapkan setiap sekolah kecuali SLB yang sudah memiliki 20 unit komputer dan 1 server untuk bisa mengikuti UNBK, jadi edaran inilah yang kita jadikan sebagai patokan dari pada nanti kesulitan ketika waktu pelaksanaan sampai menunggu ketetapan selanjutnya.

Wakil dari Kemenag Kabupaten Madiun “SAMSUS” mengatakan bahwa kami sudah koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional khusus untuk MTs.

Perlu diketahui bahwa oleh oleh ketika kami rapat di Kemenag Provonsi Jawa Timur adalah bahawa UNBK adalah hukumnya “Sunah Mufakat” yang artinya wajib tidak sunah juga tidak, tapi kami akan berusaha untuk bisa melaksanakan dan kami besok tanggal 17 Agustus 2017 akan mengadakan rapat kepada seluruh Kapala MTs di Kemenag.

Untuk pengadaan komputer perlu kami sampaikan bahwa kami beda dengan sistem yang ada di  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kita ambil contoh bahwa misalkan jumlah lembaga SMP 100 yang 90% negeri yang 10% swasta, kebalikan keadaan di MTs yang 90% swasta yang 10% negeri, tentunya hal ini berpengaruh sekali dalam pengadaan kompter.

Kami akan berusaha ada kata kesepakatan pada rapat besok dan selalu koordinasi dengan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SMP “AGUS WIDI AGUNG, S.Pd, M.Si” untuk bisa memaksimalkan melaksanakan UNBK, karena masih ada batas waktu pendaftaran UNBK ke Provinsi yaitu tanggal 25 Januari 2017.

 


 

NEW

April 20th 2018Views 15Comments 0Rating 0
April 19th 2018Views 11Comments 0Rating 0
April 19th 2018Views 12Comments 0Rating 0
April 18th 2018Views 16Comments 0Rating 0
April 18th 2018Views 16Comments 0Rating 0
April 13th 2018Views 22Comments 0Rating 0
April 12th 2018Views 25Comments 0Rating 0
April 11th 2018Views 64Comments 0Rating 0
April 10th 2018Views 24Comments 0Rating 0
April 9th 2018Views 27Comments 0Rating 0
April 6th 2018Views 23Comments 0Rating 0
April 6th 2018Views 31Comments 0Rating 0
April 5th 2018Views 34Comments 0Rating 0
April 5th 2018Views 37Comments 0Rating 0
April 3rd 2018Views 33Comments 0Rating 0
April 2nd 2018Views 57Comments 0Rating 0
April 2nd 2018Views 41Comments 0Rating 0
March 30th 2018Views 36Comments 0Rating 0
March 29th 2018Views 43Comments 0Rating 0
March 29th 2018Views 45Comments 0Rating 0
March 28th 2018Views 60Comments 0Rating 0
March 27th 2018Views 40Comments 0Rating 0
March 27th 2018Views 54Comments 0Rating 0
March 23rd 2018Views 57Comments 0Rating 0
March 23rd 2018Views 47Comments 0Rating 0