DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) 2017

11/03/2017, Pukul 09.00 WIB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  “Sodik Hery Purnomo S.Si” membuka kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) didampingi Kasi Peserta Didik Bidang Pembinaan SMP “Budi Mulyono, SE” selaku yang bertanggung jawab Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun pada kegiatan Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP dengan jumlah peserta 161 peserta didik jenjang SMP di Halaman SMPN 1 Mejayan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  “Sodik Hery Purnomo S.Si” pada waktu persiapan sebelum pelaksanaan pda tanggal 7 Maret 2017 di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun mengatakan bahwa suatu kegiatan maupun program jangan sampai ada kegiatan yang tidak terdesain.

Setiap lomba pasti ada kisi-kisi, kisi-kisi tersebut diajarkan apa tidak di mapel bersangkutan, jangan sampai anak tersebut pintar karena LBB, kebersamaan didukung pribadi-pribadi dalam satu tujuan yang sama dengan mengoptimalkan MGMP untuk bersama-sama memunculkan kreatifitas yang hebat.

Dukungan ada pada pribadi guru yang berkwalitas dan hebat, program MGMP 1 kreatifitas dan akan dilombakan sehingga memunculkan 1 inovasi yang hebat, karena sekolah yang hebat didukung oleh guru yang hebat juga.

Menurut informasi Kasi Peserta Didik Bidang Pembinaan SMP “Budi Mulyono, SE” pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat Kabupaten Madiun tahun 2017 dengan guru mapel Matematika, IPA dan IPS SMP se Kabupaten Madiun.

Selain itu “Budi Mulyono, SE” juga membahas tentang tujuan dari penyelenggaraan OSN yang harus dilakukan di satuan pendidikan untuk mengikuti OSN, dan hal-hal yang harus dilakukan guru mapel di masing-masing satuan pendidikan untuk penyelenggaraan OSN, setelah hal itu penanganan terhadap siswa-siswa yang belum berhasil, dengan melakukan evaluasi di satuan pendidikan, untuk juara OSN 2017 tingkat Kabupaten Madiun ini diambil juara 1, 2, 3, dan harpan 1, harapan 2 diserahkan pada saat tanggal 2 Mei 2017 dalam rangka Upacara Hardiknas.

Salah satu dari kebijakan Pendidikan Peningkatan mutu dengan  Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun pada kegiatan Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP ini di danai dari APBD Pemerintah Kabupaten Madiun, adapun pengertian, tujuan, sasaran OSN sebagai berikut :

Pengertian Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu wahana bagi peserta didik guna menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat sekaligus meningkatkan kemampuan dalam bidang IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS, serta dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Tujuan umum OSN adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA (Biologi, Fisika), dan IPS. OSN juga bertujuan untuk menyeleksi peserta didik SMP terbaik tingkat nasional untuk diikutsertakan pada ajang kompetisi internasional dan Sasaran kegiatan OSN adalah peserta didik SMP, SMP Terbuka, SD–SMP Satu Atap, baik negeri maupun swasta.

Hasil yang Diharapkan Melalui lomba ini diharapkan adanya peningkatan minat peserta didik terhadap bidang Matematika, Fisika, Biologi dan IPS, serta terpilihnya peserta didik yang mampu berprestasi pada kompetisi tingkat internasional.