DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA MENYELURUH

14 Nopember 2017 Pukul 08.00 WIB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” didampingi pengawas SMP “ Drs. Sugeng, M.Pd” membuka kegiatan “Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh” dihadapan 60 tamu undangan peserta yang terdiri dari beberapa Pengawas SMP dan Pengawas SD, perwakilan Kepala Sekolah SD/SMP dan guru di Aula BPKAD Kabupaten Madiun Jalan Alon-alon Utara Madiun.

Kali ini seperti biasa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” mengajak para peserta untuk sejenak berfikir tentang beberapa hal yang sekiranya bisa menghasilkan hubungan interaksi spontan dengan harapan agar timbul jawapan yang masih murni asli tanpa rekayasa sehingga Beliau tidak salah dalam mengambil sebuah kebijakan.

Beliau bertanya kepada seluruh peserta, apa yang ada dalam fikiran kita jika mendengar sebutan pengawas ? secara spontan peserta menjawa, yakni kaget, dredek, cemas, supervisi dan mitra kerja, Kepala Dinas mohon jujur kepada seluruh peserta, karena ada hubungan dengan dunia pendidikan yang sedang kita bangun kedepan, harus ada hubungan yang sinergis dalam segala bidang antara Dinas, pengawas, Kepala Sekolah, guru, san siswa, perlu digarisbawai bahwa tanpa itu semua mustahil keberhasilan bisa tercapai.

Ada beberapa lagi yakni kata “penting”, artinya jangan hanya sekedar penting, akan tetapi jadikanlah lebih atau menjadi sangat dan sangat terpenting, karena kunci keberhasilan yang terpenting adalah perubahan, yaitu merubah pola lama yang harus segera ditinggalkan menjadi pola baru menjadi yang terhebat dan segera akan dibangun bersama-sama dengan sistem interaksi musywarah.

Kepala Dinas berharap agar mempunyai rasa bangga dengan diri sendiri atau posisi kita masing-masing, karena hal tersebut juga merupakan salah satu kunci untuk menciptakan keberhasilan seseorang, bagaimana mungkin jika kita tidak pernah percaya dan bangga dengan diri sendiri, apakah mungkin kita bisa membangun sesuatu yang sangat luar biasa, menurut Beliau, intinya perasaan bangga bisa menjadikan semangat seseorang yang sangat luar biasa sehingga bisa menghasilkan produk yang luar biasa pula.

Pesan terakhir Beliau adalah sangat berkeinginan memperdayakan peranan pengawas, bukan hanya sekedar melaksanakan supervisi kemudian selesai, akan tetapi lebih mengutamakan kelanjutan hasil dari prosesnya bagaimana, karena banyak yang berpendapat bahwa input bagus hasil outpu bagus pula, menurut beliau belum tentu, karena lebih mengutamakan proses menjadi lebih bagus dari pada input bagus tapi proses output nya hanya standat.

LIHAT FOTO KEGIATAN