DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

DAPODIK : PENYEDERHANAAN PROSES PEKERJAAN

07/12/2017 Pukul 08.00 WIB Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Drs. Suprijadi, M.Pd” memberi beberapa pengantar sebelum pelaksanaan kegiatan “Validasi data dapodik dan pengelolaan data pendidikan Tahun 2017” yang disampaikan oleh staf ahli DAPODIK sekaligus sebagai oprator pusat dan daerah, kali ini mengundang operator Dapodik Wilayah Kecamatan Wonoasri, Dolopo, Kare, Dagangan dan sebagian Mejayan di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Sekretaris menyampaikan bahwa perkembangan teknologi berbasis Elektronik sangat berkembang sangat pesat, sekarang dengan peraturan Bupati atau Walikota sudah bisa mengesahkan surat Elektronik, sehingga sangat efektif sekali dan sangat cepat, misalkan kalau jaman dulu surat ke sekolah-sekolah harus melalui tenaga kurir, biaya dan resiko, sekarang sudah tidak seperti itu lagi, tidak ada satu menit informasi sudah bisa disampaikan, tidak mengenal lokasi sulit atau tidak, banyak atau sedikit penerima, hal itu sudah tidak menjadi persoalan lagi.

Menurut Beliau sudah banyak daerah yang menggunakan teknologi berbasis Elektronik yang terhubung satu pintu satu server antara Pemerintah Daerah dengan Semua jajaran dibawahnya, sehingga kegiatan ASN semua bisa terukur dalam pelaksanaan pekerjaan setia harinya, hal itu tentu saja berkaitan dengan beban atau kekurangan tenaga dan tentu saja berhubungan dengan kesejahteraan yang mereka terima nantinya.

Kondisi daerah memang berbeda-beda, kalau tenaga membuat Aplikasi sudah banyak yang ahli, akan tetapi yang lebih penting adalah komitmen Pemerintah Daerah mengeluaran regulasi yang berhubungan dengan teknologi berbasis Elektronik satu pintu, sehingga semua pekerjaan maupun hasil pekerjaan sudah terkunci dalam aplikasi, hal itu tentu saja sudah mengurangi kertas print out yang sering mengalami kesalahan.

Harapannya adalah bahwa semua hasil pekerjaan sudah tidak melalui print out lagi, rekam jejak pekerjaan sudah langsung dapat dilihat oleh pimpinan di server, paraf maupun tanda tangan pimpinan cukup melalui HP, Laptop, computer atau media Elektronik lainnya, sehingga terjadi penyederhanaan proses pelaksanaan pekerjaan yang mengurangi adanya pemborosan.

Perlu diketahui bahwa Kepala Sub. Bag. Penyusunan Program dan Pelaporan “Eni Lestari, S.Si” selaku penanggung jawab kegiatan DAPODIK hari ini tidak bisa hadir karena menghadiri dua undangan yang tidak bisa diwakilkan, yakni pembahasan UPTD dan undangan Literasi.

 

Yang terakhir informasi dari “Verida Yuli Rahmawati” menghendaki bahwa jika akan upload data di DAPODIK misalkan Data guru, data sekolah, data sarpras jangan hanya berupa informasinya saja, akan tetapi harus disertai berupa foto pendukung, misalkan foto ruang kelas rusak berat dan ringan, sehingga benar-benar berdasarkan fakta di lapangan.

FOTO KEGIATAN DISINI