DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

IDENTIFIKASI KONDISI PSIKOLOGIS

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Drs. Suprijadi, M.Pd” membuka kegiatan diklat grafologi gelombang I tanggal 10 mei 2018 dan II pada tanggal 12 mei 2018 di Gedung Airlangga jalan diponegoro kota Madiun.

Menurut Beliau, Grafologi adalah analisis pola tulisan tangan yang mengindentifikasi kondisi psikologis maupun karakter dari seseorang, secara umum, grafologi dikategorikan sebagai ilmu semu.

Peserta Diklat seluruh anggota PGRI SD/ SMP sekabupaten Madiun, karena PGRI sebagai wadah pendidik, sehingga merasa perlu belajar untuk bisa mengetahui dan mengenali potensi karakter dan bakat anak.

Menurut narasumber Dr. HM. Taufiqi, SP.,M.Pd, dan Drs. Yani Santoso, C.Ht, bahwa zona tulisan dibagi menjadi tiga, yakni huruf zona atas huruf h, k, dan l memperlihatkan aspirasi spiritual, impian, harapan, dan ambisi, zona tengah huruf m, n,o, dan s mengungkapkan sifat praktis terhadap peristiwa sehari-hari, teman, keluarga, dan terakhir zona bawah huruf g, j, p dan y mengemukakan sikap dan respons emosional terhadap aspek fisik kehidupan dan seks.