DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KECERDASAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER BER EMPATI

28 Mei 2018 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” menginformasikan bahwa sangat berkesan dan bangga terhadap semua kegiatan yang dilakukan oleh seluruh sekolah, baik jenjang SD maupun SMP pada bulan Ramadan tahun ini.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan siswa siswi dari salah satu sekolah, yakni membagikan takjil gratis menggunakan kereta odong-odong berkeliling mencari warga sekitar yang benar-benar sangat memerlukan bantuan.

Menurut kepala dinas, hal itu bisa membangkitkan atau menumbuhkan kecerdasan sosial dalam membangun karakter ber empati, apalagi pada bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan, semua kompetisi mencari kebaikan.

Nilai-nilai karakter beragama bisa ditanamkan dengan mudah dan cepat, yakni dengan cara praktek langsung, bukan hanya sekedar teori atau wacana.

Banyak yang salah makna, bahwa takjil itu sebenarnya bukan makanan atau minuman, tapi menurut kamus besar bahasa Indonesia artinya adalah mempercepat, biasanya banyak orang sering berkeliling atau mencari sesuatu hiburan untuk menunggu waktu buka puasa.

Sekarang Sering mendengar takjil gratis, mereka tanpa sadar telah menggunakan kata-kata yang kurang tepat, hal ini apabila tidak segera dibenarkan atau diluruskan akan menjadi kebiasaan buruk, takutnya orang asing akan semakin bingung dengan bahasa kita.