Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

HIMBAUAN KEPALA DINAS

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si. tanggap adanya maraknya lomba seni tradisi pertunjukan baik dongkrek maupun karawitan yang mempunyai kriteria harus menguasaI atau perpaduan tiga komponen, yakni musik, tari dan teater.

Apalagi belum semua sekolah mempunyai peralatan karawitan dan dongkrek dengan lengkap, untuk mengembangkan bakat putra putri kita utamanya dalam bidang karawitan, kalau mau memanfaatkan alat gamelan yang ada di pendopo Ronggo Djumeno Mejayan untuk dikoordinir masing-masing sekolah bisa latihan sore hari.

Kabupaten Madiun baru Tahun ini mengawali program lomba yang diselaraskan dengan kegiatan milik jawa timur, yakni Pendidikan dan pengembangan Seni Tradisi (PPST) yang sudah lama berkembang, dalam PPST kriteria penilaian sangat ragam, selain sebagai juara umum juga penilaian sebagai Penata musik terbaik, penata tari terbaik dan peñata rias busana terbaik.

Menurut kriteria dari tim PPST Jawa Timur, perlu adanya seleksi yang sangat luar biasa ketatnya apabila sekolah bisa tampil kompetisi di tingkat provinsi, kabupaten sendiri baru empat sekolah yang tiap tahun bisa mengikuti kompetisi tersebut, yakni PPST ”Puspa Rama” dari SD Negeri Babadan 01 Kecamatan Balerejo, PPST ”Pasendrat Lukardo” dari SD Negeri Mejayan 01 Kecamatan Mejayan, PPST ”Nawang Krido Taruno” dari SMP Negeri 1 Balerejo, PPST ”Cundrik Kencono” dari SMP Negeri 2 Nglames

Menurut kenyataan ternyata yang termasuk anggota PPST Jatim, kemarin belum semua bisa meraih juara, maka tim PPST Jatim harus kembali meninjau kembali keberadaan peta seni di Kabupaten Madiun.