Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

HADIAH UNTUK OPERATOR DAPODIK TERBAIK

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Mengingat sangat pentingnya dapodik, karena valid nya data, tentu ada hubungannya dengan saluran dana yang bersumber dari pusat ke daerah, misalkan sertifikasi guru dan bantuan sosial untuk siswa, maka kali ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si memberi semangat kepada 467 operator dapodik untuk dipilih menjadi enam terbaik.

Menurut Beliau, tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah lama memantau mereka, selain penilaian yang berhubungan tentang kecepatan, kelengkapan dan kevalidan data dapodik, tentu ada kriteria lain, karena ada indikasi bahwa setiap ada pelatihan masih banyak mereka yang tidak memperhatikan dengan serius, akibatnya merepotkan tim Dinas, karena meladeni pertanyaan satu persatu diluar jam tugas.

Menurut Kepala Subag Penyusunan Program dan Pelaporan Kabupaten Madiun Eni Lestari, Si, selain mengundang 467 operator dapodik juga mengundang 467 Kepala Sekolah, tujuannya untuk mengetahui sejauh mana operator mereka bekerja saat ini, sekaligus untuk menyaksikan bahwa kali ini Dinas memberikan reward Rp. 750. 000,- kepada keenam yang terpilih terbaik menurut Dinas, (kemarin tanggal 5 September 2018 di Asrama Haji).

Yang mendapat reward adalah Naniek Mardiana SDN Ngadirejo 02 Wonoasri, Ardhika Desi Ari T SDN BAngunsari 01 Dolopo, Yasin Setyo Darseno SDN Sumbergandu 02 Pilangkenceng, Mei Lika Ifa M SDIT Insan Madani Geger, Djoko Purnomo SMPN 01 Kare dan Nanik Sulistyaningsih SMPN 01 Saradan.

Selain hal tersebut di atas, Kepala dinas masih banyak membahas dan menyarankan, khusus Kepala Sekolah untuk tidak malas membaca tiga permendikbud yang sangat ada hubungan dengan input output dapodik, yakni Permendikbud no 14 Tahun 2018 tentang PPDB, Permendikbud No. 15 2018 tentang beban tugas guru dan Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang penghitungan rasio siswa, secara detail akan dibahas dikemudian hari.