DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

HGN, BUPATI MENGALUNKAN LAGU MANUSIA SETENGAH DEWA

Meningkatkan jiwa kompetitif terhadap guru atau siswa yang berprestasi dalam peringatan Hari Guru Nasional, Dinas memberi beberapa reward kepada mereka yang telah berhasil mengukir prestasinya, baik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional tanggal 11 Desember 2018 di Pendapa Ronggo jumeno Kabupaten Madiun di Mejayan.

Bupati Madiun Ahmad Dawami kali ini kembali menunjukkan keakarapannya kepada siapapun, mengambil gitar bersama kelompok fong song SMPN 1 Mejayan yang dibina langsung oleh Kepala Sekolah Agus sucipto dan bambang pram.

Haji Mbing mengalunkan sebuah lagu “Manusia setengah dewa” karangan iwan fals, yang menggambarkan situasi saat ini, yakni Walau hidup adalah permainan Walau hidup adalah hiburan Tetapi kami tak mau dipermainkan dan kami juga bukan hiburan turunkan harga secepatnya berikan kami pekerjaan pasti kuangkat engkau menjadi manusia setengah dewa, itulah cuplikan syairnya.

Bupati Ahmad Dawami bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si juga mengalunkan dua buah lagu yakni Himne Guru dan Birokrasi pancasila (lirik haji mbing), dengan penuh semangat Beliau berdua untuk memberi semangat kepada seluruh Guru se Kabupaten Madiun

Pada kesempatan lain, tidak mau kalah bahwa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si mempunyai kebiasaan sering berkunjung ke sekolah-sekolah untuk memberi reward kepada siswa, dengan cara mengumpulkan siswa kemudian melakuan Tanya jawab seputar pertanyaan dari Beliau, siapa yang berhasil menebak dan berani maju kedepan, itulah yang mendapat hadiah.

Itulah cara Beliau membidik mereka agar dapat diketahui tingkat keberhasilan pembiasan pendidikan karakter yang sudah ditangkap mereka dari kegiatan selama ini di sekolah masing-masing, yakni nilai religious, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan rasa tanggung jawab.

Kepala Dinas benar-benar cerdik dalam membidik siswa untuk mengetahui sikap perilaku dan tingkat kecerdikan dari siswa, bagaimana siswa bersikap ketika menghadapi sebuah pertanyaan atau tantangan yang terberat sampai yang teringan, sudah dapat dilihat tidak begitu jauh dari beebrapa perilaku tersebut dan bisa diduga bagaimana mereka dalam menentukan sikap untuk mencapai cita-citanya,

Begitu juga seorang pendidik juga sudah benar-benar paham untuk menangani tentang sikap anak, karena anak nakal belum tentu tidak berhasil dalam kehidupan, ini yang merupakan pekerjaan terberat bagi seorang pendidik, untuk bisa merubah perilaku yang kurang menyenangkan menjadi manusia terhebat.

Apalagi untuk menghadapi perubahan revolusi industri 4.0 guru dituntut untuk bisa menguasai isu teknologi informasi, baik yang berdampak postif maupun negative, hal ini sangat penting untuk menjadikan adanya penyaringan pengaburan informasi yang semakin lebih luas lagi dan bisa berdampak semakin tidak bisa dibedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Jika sudah demikian, justru semakin membingungkan generasi akan datang, bisa-bisa opini yang tidak jelas dari mana sumbernya menjadi sebuah kebenaran dan menjadi pedoman yang diyakini oleh salah satu kelompok tertentu, ini menimbulkan dampak yang tidak baik.

Acara inti yang dutunggu adalah pemberian bantuan sepatu kepada siswa sejumah 30 jenjang SD dan 74 jenjang SMP, juga pemenang lomba dan prestasi kategori pidato (3 orang), cerdas cermat (3 kelompok 9 orang), dan yel-yel (3 kelompok 30 orang) dalam rangka hari anti korupsi sedunia, kategori Debat Bahasa Indonesia (1 orang), atletik (1 orang) , bulu tangkis (1 orang) OLSN, kategori lomba tenda (1 orang) dan lomba yel-yel ( 1 orang) dalam rangka kemah karakter, kategori lomba tari (1 orang), teater ( 1 orang) dan paduan suara (1 orang) dalam rangka pekan seni pelajar tahun 2018 tingkat SMP.

Kategori Kepala Sekolah Daerah terpencil berdedikasi tinggi di bidang pendidikan ada tiga, yakni Harjito, S.Pd SDN Kepel 02 Kare, Suwandi, S.Pd.I SDN Durenan 03 Gemarang dan Sumanto, S.Pd.I SDN Durenan 05 Gemarang.

Semua tampak hadir Ketua PGRI “Drs. Suprijadi, M.Pd” dan dua tamu undangan lainnya, yakni Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun dan dari pihak Kepolisian, selain itu tamu undangan dari Kepala Sekolah jenjang SMP dan SD se kabupaten Madiun.

Selamat hari guru Maju bersama hebat semua.

Lampiran bantuan