DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KEPALA DINAS, MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) salah satu target utama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si dalam menggelontorkan dana infrastruktur untuk prioritas rencana tahun depan dalam melaksanakan ujian mandiri, minimal separoh dari 48 SMP.

Kendala yang dihadapi adalah letak geografis Kabupaten Madiun wilayahnya terpisah-pisah terdiri dari 15 kecamatan, terutama di kaki pegunungan wilis, yakni Kecamatan Kare, Gemarang dan Saradan, otomatis agak terkendala dalam membentuk jaringan Karena jaraknya agak berjauhan.

Abad milenium sudah bergerak menuju revolusi industry 4.0 adalah suatu keharusan atau wajib untuk melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang teritegrasi, baik dengan system intranet local sekolah maupun seluruh Kabupaten Madiun.

Semua pihak sebenarnya sudah berfikir kearah membangunan jaringan mandiri intranet khusus Kabupaten Madiun, sehingga apabila internet dari vendor trouble, kegiatan tetap bisa berjalan dan aman, tetapi kendalanya belum terbentuk Tim khusus yang bekerja bergiliran real time di lapangan, kalau untuk tim Khusus USBN sudah terbentuk bagus.

Banyak pertanyaan, mengapa sudah ada internet kok masih merencanakan  membangun intranet (local) ? sesuai dari salah satu Visi Bupati baru adalah “aman, mandiri, sejahtera dan berkhlak” mengapa kita belum berfikir kearah tidak tergantung 100% dengan internet dari vendor yang teritegrasi tidak terpusat di Negara kita, otomatis semua data kita masuk ke database mereka.

Kembali ke Rencana Kepala Dinas akan menyiapkan LCD untuk mendukung proses Kegiatan belajar mengajar (KBM) kelas VIII dan IX dalam penerapan Computer Based test (CBT) pada ujian kelas, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir sekolah (UAS) ke semua sekolah di Kabupaten Madiun.

Guru dalam proses KBM dituntut untuk bisa menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menguasai beberapa software animasi pembelajaran dan content management system (CMS) misalkan power point, adobe flash juga tidak kalah penting cms Moodle untuk membuat bank soal online dan video pembelajaran.

Untuk mengatasi isu permasalahan pendidikan beliau berharap untuk diarahkan ke Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), karena mereka sudah bertahun tahun mempunyai pengalamam dalam membimbing guru sesuai bidang yang diampu.

Kepala dinas lagi berupaya keras dalam membangun jaringan system inovasi pelayan public dari menpan yang harus memenuhi kriteria kebaruan dalam kreativitas, hasil bisa diukur, bermanfaat dan dapat memberi solusi atas permasalahan publik, berpoteni di replikasi kemudian hasilnya selalu keberlanjutan, bisa dipertahankan dan dikembangkan.

Menurut Beliau MGMP dituntut bisa memenuhi semua kriteria tersebut di atas, sehingga kemanfaatanya bukan hanya berdampak kepada guru saja tetapi diusahakan bisa berdampak ke masyarakat luas, sehingga jika membuat proposal sinovik bidang pendidikan bisa masuk dalam penilaian.

Contoh yang sudah dibuat sekolah masuk top 40 sinovik, kegiatan sangat sederhana tidak memerlukan modal banyak, tetapi berdampak sangat luar biasa, yakni meningkatknya prestasi siswa dan minat masyarakat, tingkat kenakalan anak menurun dan masih banyak contoh lainnya, yang benar-benar bisa diukur bukan hanya dalam tulisan proposal saja.

Kesimpulan, tidak hanya berdampak hanya kepada pembinaan guru saja tetapi bisa lebih luas lagi, jika mungkin bisa menjembatani antara dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekolah, Guru, siswa dan masyarakat luas sehingga bisa bersinergis untuk mengurangi sekolah negeri semakin tersingkir atau ditinggalkan.

Yang terakhir sekolah untuk segera membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) tentang proyeksi dan target sekolah kedepan selama empat tahun, dapat digunkana sebagai alat pantau dan ukur keberhasilan yang dicapai.