DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PELATIHAN PENYUSUNAN RKJM DAN RKT UNTUK SEKOLAH

Mengingat pentingnya Penyusunan RKJM dan RKT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si menghimbau, meskipun jadwal pelatihan waktu liburan sekolah, namun kepala sekolah diharapkan hadir semua, bagi yang tidak hadir dimohon ke dinas untuk mencari informasi untuk berusaha bisa menyerap materi.

Berhubung undangan sudah diedarkan ketika waktu sebelum liburan, mohon bila ada keperluan lain diluar dinas untuk disesuaikan agar tidak bertepatan dengan jadwal pelatihan, mengingat pentingnya acara ini jangan sampai tidak hadir, apalagi ini ada hubungan dengan rencana program kedepan, tegas Beliau.

  1. Jadwal untuk Senin tanggal 10 Desember 2018 koordinator wilayah II (Kecamatan Mejayan, Pilangkenceng) pukul 08.00 sampai selesai dengan narasumber Siswa, Kasihono dan Muntoro Widji A. tempat di Hotel Asri Caruban
  2. Jadwal untuk Senin tanggal 10 Desember 2018 koordinator wilayah III (Kecamatan Madiun, Balerejo, dan Wonoasri) pukul 09.00 sampai selesai dengan narasumber Purwanti Suhartinah, Gunandir dan Endang Srihastuti tempat di Gedung Pertemuan Korwil III.
  3. Jadwal untuk Kamis tanggal 13 Desember 2018 koordinator wilayah V (Kecamatan Wungu, dan Kare) pukul 08.00 sampai selesai dengan narasumber Sayekti Andayani, dan Endang Srihastuti. tempat di Gedung Erlangga.
  4. Jadwal untuk Jumat tanggal 14 Desember 2018 Sekolah Menengah Pertama pukul 07.00 sampai selesai dengan narasumber Muntoro Widji A, dan Endang Srihastuti. tempat di Tehe Sun Hotel.
  5. Jadwal untuk Senin tanggal 17 Desember 2018 koordinator wilayah VI (Kecamatan Geger, dan Dagangan) pukul 08.00 sampai selesai dengan narasumber Sri Purwanti, dan Suyoto. tempat di Gedung Pertemuan Korwil V.
  6. Jadwal untuk Senin tanggal 17 Desember 2018 koordinator wilayah VII (Kecamatan Dolopo, dan Kebonsari) pukul 09.00 sampai selesai dengan narasumber Muntoro Widji A tempat di SDN Bangunsari 01 Dolopo
  7. Jadwal untuk Selasa tanggal 18 Desember 2018 koordinator wilayah I (Kecamatan Saradan, dan Gemarang) pukul 09.00 sampai selesai dengan narasumber Puji Sriono, Partomo, dan Endang Srihastuti. tempat di Hotel Asri Caruban.
  8. Jadwal untuk Selasa tanggal 18 Desember 2018 koordinator wilayah IV (Kecamatan Jiwan, dan Sawahan) pukul 08.00 sampai selesai dengan narasumber FX. Hariyanto, dan Muntoro Widji A. tempat di SDN Jiwan 02.

GAMBARAN PENYUSUNAN RKJM DAN RKT

Rencana kerja jangka menengah (RKJM) adalah rencana program sekolah untuk 4 tahun dan Rencana kerja tahunan (RKT) yang mengacu dari rencana strategis (renstra) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, RKT memberi arah dan bimbingan dalam rangka menuju perubahan atau tujuan yang lebih baik dalam peningkatan dan pengembangan untuk mengurangi resiko ketidakpastian atau kesalahan program sekolah, harapannya untuk pengembangan sekolah sebagai berikut :

(1)   pedoman kerja untuk perbaikan,

(2)   sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan, serta,

(3)   bahan untuk mengajukan usulan pendanaan.

Proses penyusunan RKT dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu : Persiapan, Perumusan RKT, dan Pengesahan RKT, adapun tahapan perumusan RKT sebagai berikut

pertama identifikasi tantangan, dengan membandingkan antara kondisi sekarangn yang akan dipetakan untuk harapan kedepan, bisa dikatakan sebagai bentuk usaha untuk mempertahankan prestasi sebelumnya dengan tahapan menyusun Profil, mengidentifikasi harapan pemangku kepentingan dan merumuskan tantangan.

Kedua analisis pemecahan tantangan, dengan menganalisis tantangan, yakni menentukan penyebab tantangan utama dan menentukan alternative pemecahan tantanganutama.

Ketiga, penyusunan program dengan enam langkah, yakni menetapkan sasaran, menetapkan program, menetapkan penanggung jawab  program, menentukan indicator keberhasilan program, menentukan kegiatan dan menyusun jadwal kegiatan.

Keempat, penyusunan rencana biaya dan pendanaan, menetapkan kategori dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan kategori dan jumlah sumber pendanaan, regulasi dari sumber pendanaan dan alokasi kategori dan sumber pendanaan masing-masing kebutuhan dana.

YEL-YEL KABUPATEN MADIUN : KABUPATEN MADIUN JAYA, KABUPATEN MADIUN JAYA, KABUPATEN MADIUN MILIK KITA

VISI BUPATI MADIUN : AMAN, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERAKHLAK

MOTO KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN : MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA