DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

BUKAN HANYA SEKADAR MENIKMATI TAHUN BARU

Nak tidur siang ya, nanti agar bisa menikmati malam tahun baru sampai pukul 24.00, memangnya ada apa pak di malam tahun baru? Banyak nak, ada pesta kembang api, pesta kuliner dan hiburan gratis.

Kata bapak ibu guru, malam tahun baru untuk intropeksi semua hasil kegiatan tahun sebelumnya, apa yang harus dibenahi dan apa yang harus dibuang untuk menyongsong masa depan yang lebih bagus, bukan hura-hura seperti itu.

Intropeksi itu penting juga nak, tetapi kamu harus mengerti bahwa adanya semua pesta tersebut bukan hur-hura semata, akan tetapi itu adalah salah satu dari usaha pemerintah untuk promosi daerah agar bisa terkenal dan didatangi dari masyarakat luar wilayah.

Memangnya promosi itu bukan hanya orang yang lagi jualan pak, apa yang dijual pemerintah ? kemudian apa keuntungan dan hubungannya jika wilayah kita banyak dikunjungi masyarakat dari wilayah lain ?

Gini nak, pemerintah sekarang lagi gencar-gencanya mempromosikan wilayahnya sebagai daerah wisata yang banyak dikunjungi masyarakat luar kota, itu akan berdampak naiknya capaian pendapatan Asli Daerah (PAD) karena dengan demikian bisa diukur sejauh mana keberhasilan daerah tersebut dalam membangun wilayahnya secara mandiri.

Apa PAD pak ? PAD adalah pendapatan asli daerah dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan milik daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Jadi semua hiburan malam tahun baru itu bukan hura-hura semata, akan tetapi semua biaya hiburan itu hanya sebagian kecil dari pungutan tersebut, selain untuk kompetisi promosi daerah juga mempunyai tujuan semua hasil pungutan masyarakat sebagian dikembalikan untuk masyarakat melalui hiburan tersebut.

Kabupaten Madiun terkenal dengan kampung pesilat, kesenian dongkrek, penghasil brem dan pecelnya, jika ada hiburan tahun baru atau diluar tahun baru, tentu saja semua pedagang juga kebagian rezeki yang bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Wah, nanti lihat kesenian dongkrek pak, dan mungkin sedikit oleh-oleh brem asli madiun untuk pulang ya, bapak menjawab, ya nak, semoga ada di lokasi hiburan nanti.

YEL-YEL KABUPATEN MADIUN : KABUPATEN MADIUN JAYA, KABUPATEN MADIUN JAYA, KABUPATEN MADIUN MILIK KITA

VISI BUPATI MADIUN : AMAN, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERAKHLAK

MOTTO KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN : MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA