DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KEPALA DINAS MENGHIMBAU MELAKUKAN GERAKAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEHAT

23 Januari 2019, Musim hujan telah mulai kita rasakan semoga membawa keberkahan untuk kita semua, tegas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si yang disampaikan lewat media elektronik.

Himbauan disampaikan kepada seluruh grup media elektronik jenjang SD/SMP Negeri/Swasta se Kabupaten Madiun, berkaitan dengan adanya catatan bahwa hampir 70 pasien di RSUD Kabupaten Madiun mengalami sakit  Demam Berdarah Dengue (DBD) dan 2 diantaranya telah meninggal dunia.

Saya mengajak semua insan-insan hebat dunia pendidikan Kabupaten Madiun, mulai besok dan seterusnya untuk melakukan gerakan Sekolah dan lingkungan Sehat dan cek semua lingkungan untuk melaksanakan gerakan 3M. ( Menutup, Mengubur & Menguras) tempat tempat penampungan air dan cek tempat kaleng, pot bunga, gelas minum mineral dll (sampah) yang memungkinkan adanya genangan air, tegas Beliau.

Kita ajarkan Gerakan ini juga akan dilakukan putra-putri kita baik di rumah dan lingkungannya, semoga upaya preventif kita dan membimbing putra-putri kita senantiasa tercatat sebagai Ibadah kepada Alloh Ta'aalaa.

Selain itu, perlu diketahui bahwa gejala penyakit DBD yang disebakan oleh remote control nyamuk kurang lebih tujuh hari ini sangat berbahaya, gejalanya bermacam-macam, tidak sama antara satu dengan yang lain.

Kuncinya adalah fisik pasien harus kuat menghadapi sakit yang sebenarnya tujuh hari ini, karena fisik pasien dihadapkan cenderung tidak mau makan dan selalu muntah, makanya fisik pasien biasanya sangat lemah, hal ini sangat berbahaya bagi anak seusia remaja.

Gejalanya ada yang dua hari panas dingin dengan muntah, kemudian panas turun drastis, kondisi semacam ini biasanya orang tua sudah merasa senang, dikira anaknya sudah sembuh, akan tetapi ketika menginjak hari kelima mulai panas lagi, saat itulah trombosit sudah bisa diketahui cenderung turun.

Seperti biasa, penutup himbauan dari Kepala Dinas selalu di akhiri dengan kalimat, Ngapunten, salam dalem untuk semua insane-insan pendidikan Maju Bersama Hebat Semua.