DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

USAID : LAPORAN AKHIR TAHUN

SAMBUTAN KOORDINATOR USAID JAWA TIMUR

 

Assalamu’alaikum .wr.wb

Bapak /Ibu mitra USAID PRIORITAS yang sangat kami hormati.

Rasa Hormat dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kami haturkan atas kerja sama dan dukungannya selama bermitra dengan kami. Banyak perubahan dan kesuksesan yang sudah dicapai  sekolah – sekolah yang menjadi mitra USAID PRIORITAS, utamanya dalam 3 hal :

  1.  peningkatan kualitas proses belajar mengajar ,
  2.  Managemen Sekjolah yang lebih Partisipatif, Transparan dan Akuntabel 
  3.  hubungan kemitraan antar stakeholder dan pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Bebarapa kebijakan / regulasi  sudah dihasilkan sebagai payung hukum dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pendidikan. Kami bekerja hanya sebagian kecil dari jumlah sekolah/lembaga yang ada di wilayah kerja Bapak dan Ibu ( 16 sekolah SD/MI dan 8 SMP/MTs). Titik tolak keberhasilan pada 3 komponen yang kami maksud di atas didasarka pada sebelum dan setelah bermitra dengan kami. Praktek – praktek terbaik dari ke tiga komponen tersebut hendaknya dapat menjadi bukti nyata bagi kita semua bahwa perubahan itu penting dan perubahan itu perlu proses , dukungan dari berbagai pihak dan dilaksanakan secara konsisten.

Kami sangat berharap Kepada Bapak/Ibu pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan serta menyebarkan praktek – praktek  baik yang sudah dilaksanakan oleh sekolah mitra ini dapat berlanjut  Guru – guru kita butuh figur, butuh bimbingan dan perlu didampingi untuk berinovasi dalam mengembangkan model pembelajaran yang kooperatif dengan strategi pembelajaran yang menantang dan dapat mengembangkan nalar peserta didiknya,

Sudah sampai saatnya kami undur diri, semoga apa yang kita lakukan selama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat berkembang terus dan bisa membawa anak-anak bangsa ini ke masa depan yang lebih baik lagi. Jika ada tutur kata, sikap serta layanan kami yang kurang memuaskan atau yang kurang berkenan,mohon kami dimaafkan.Selamat berjuang , akhirnya kita semua bekerja dan memikirkan masa depan pendidikan anak-anak kita.

Salam Pendidikan

Silvana Erlina

Koordinator USAID PRIORITAS Jawa Timur

PROGRAM USAID PRIORITAS

USAID PRIORITAS adalah program lima tahun yang didanai oleh USAID (United States Agency for International Development), dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas di Indonesia. USAID PRIORITAS adalah bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia. Program ini bekerja sama dengan mitra di tingkat nasional dan lokal untuk:

  • Meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran di sekolah.
  • Meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan di sekolah dan kabupaten/kota .
  • Meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar sekolah, lembaga pendidikan/ pelatihan guru dan pemerintah di semua jenjang.

Program PRIORITAS berfokus pada:

  1. Menjadikan pembelajaran di SD/MI, SMP & MTs lebih menarik, relevan & efektif khususnya pada  pelajaran membaca, matematika, dan sains – dan sesuai  dengan kurikulum yang berlaku.
  2. Menjadikan manajemen sekolah lebih partisipatif, akuntabel & terfokus pada peningkatan pembelajaran
  3. Meningkatkan kualitas manajemen pendidikan di provinsi dan kabupaten, khususnya pengelolaan guru dan pembiayaan pendidikan.
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan guru pra- dan dalam jabatan melalui program yang lebih menekankan praktik.

Terdapat Tiga Komponen Usaid Prioritas

  • Komponen 1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah melalui Pelatihan Guru Pra dan Dalam Jabatan.
  • Komponen 2. Meningkatkan Tata Kelola dan Manajemen Pendidikan.
  • Komponen 3. Meningkatkan Koordinasi antar Institusi Pendidikan di tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten, dan Sekolah.

USAID PRIORITAS hingga saat ini bekerja di 89 daerah mitra di Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Daerah mitra terbagi atas 46 daerah DBE yang berfokus pada diseminasi praktik yang baik, 23 daerah PRIORITAS kohor 1 dan 20 daerah mitra PRIORITAS kohor 2.  Pada akhir tahun 2013, daerah mitra diperluas ke Provinsi Papua.

KEGIATAN USAID PRIORITAS KABUPATEN MADIUN

  1. A.      PEMILIHAN KABUPATEN/KOTA MITRA

Kabupaten Madiunmerupakan salah satu dari 23 kabupaten/kota yang terpilih sebagai mitra program PRIORITAS untuk Kohort 1. Pemilihan kabupaten diselenggarakan melalui  koordinasi dengan pemerintahan provinsi dan sesuai dengan kriteria sebagai berikut berdasarkan hasi diskusi dengan pemangku kepentingan daerah:

  • Komitmen melalui partisipasi dalam proses diseminasi DBE.
  • Pernyataan kesediaan untuk berpartisipasti dalam program PRIORITAS melalui komitmen finansial dan sumber manusia.
  • Akses terhadap LPTK mitra untuk memastikan pelaksanaan kegiatan pelatihan calon guru yang efisien.
  • Kedekatan dengan daerah DBE untuk kesempatan belajar sejawat.
  • Faktor lain seperti  indeks kemiskinan, kapasitas dan kehadiran donor lain juga merupakan pertimbangan dalam pemilihan kabupaten/kota mitra.
  1. B.        KESEPAKATAN KERJA

Kesepakatan kerja yang dicetuskan dalam persetujuan antara Kabupaten Madiun dan USAID PRIORITAS ditandatangani pada tanggal 6 Desember 2012  pada acara Lounching USAID PRIORITAS  untuk propinsi Jawa Timur bertempat di  Hotel Bumi Surabaya,   sekaligus penegasan kerjasama atau persetujuan dengan kabupaten-kabupaten mitra Prioritas  dengan penandatanganan KAK atau Kerangka Acuan Kerja dengan para bupati dari daerah mitra Prioritas (kabupaten Madiun, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Situbondo). Kerangka Acuan Kerja ini berlaku hingga tanggal 30 April 2017.

  1. C.      PEMILIHAN SEKOLAH MITRA

Sebanyak 16 SD/MI dan 8 SMP/MTs di Kabupaten Madiun dipilih bersama oleh pemangku kepentingan dari kantor Dinas Pendidikan serta Kemenag bersama staf Program PRIORITAS dan didukung dari Bappeda Kabupaten Madiun (kabid Social Budaya).  Sekolah yang direkomendasi oleh Unit Pelaksana Tingkat Pendidikan Kecamatan sebelumnya dikunjungi oleh staf program dan pemerintah untuk melihat komitmen sekolahnya. Sekolah yang dipilih mewakili berbagai jenis sekolah yakni dekat kota dan di pedesaan, negeri dan swasta.  Kriteria pemilihan sekolah lain meliputi lokasi, kepemimpinan, hubungan dengan LPTK dan dukungan masyarakat untuk memfasilitasi pengembangan sekolah praktik yang baik.  Daftar sekolah mitra adalah:

Pada perjalanan program pada tahun 2014 MTs Al Basmalah dan MTs Sabilith Thohirinmengundurkan diri menjadi mitra Usaid Prioritas dan akan digantikan oleh MTsN Caruban dan MTs Tri Bhakti.

Pada bulan Juni 2016 SDN Sumberejo 02 kecamatan Geger dilakukan penggabungan Sekolah dasar sehingga mitra Usaid Prioritas berjumlah 23 Sekolah.

  1. A.        PEMILIHAN FASILITATOR DAERAH

Bersama tim Pokja melakukan seleksi fasilitator daerah (selanjutnya disebut “fasda”) Kabupaten Madiun sebanyak 30 orang untuk pembelajaran SD/MI dan pembelajaran SMP/MTs serta untuk manajemen sekolah,. Fasda yang telah terpilih terdiri dari unsur pengawas, kepala sekolah, dan guru, dari Dinas Pendidikan juga dari Kemenag yang akan berperan sebagai fasilitator, mentor pendampingan sekolah, serta melakukan monitoring kegiatan program. Penetapan Fasda Kabupaten Madiun telah disahkan melalui  BupatiNo.188.45/1314/KPTS/402.031/2013.

Sebanyak 30 fasilitator daerah (FASDA) dipilih untuk 15 orang tingkat sekolah dasar dan 15 fasilitator untuk tingkat menengah pertama telah dipilih bersama oleh staf program dan staf dari Dinas Kabupaten dan Kemenag (Kepala Pendidikan Madrasah /Ka. Pendma).Fasilitator dipilih dari kelompok guru, kepala sekolah, dan pengawas yang menunjukkan komitmen dan kepemimpinan dalam melatih dan mendampingi teman sejawat dalam pengelolaan sekolah dan pembelajaran. Daftar fasilitator:

NO

NAMA DI KTP

L / P

JABATAN

INSTANSI

POSISI TUGAS

L

P

 

1

AGUS HENDRO TJAHYO

L

 

KEPALA SEKOLAH

SDN PURWOREJO 3 GEGER

Fasda MBS SD/MI

2

SLAMET

L

 

PENGAWAS

KANTOR KEMENAG KAB. MADIUN

Fasda MBS SD/MI

3

DRS. SUHARMANTO TRI AP

L

 

PENGAWAS

UPT PENDIDIKAN  KEC. GEGER

Fasda MBS SD/MI

4

SURATNO , S.Pd, M.Pd

L

 

PENGAWAS

UPT PENDIDIKAN KEC. MEJAYAN

Fasda MBS SD/MI

5

ASWARI, S.PD

L

 

KEPALA SEKOLAH

SDN KRAJAN 02 MEJAYAN

Fasda MBS SD/MI

6

NOVITA YOLANDASARI

 

P

GURU

SDN KRAJAN 02 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SD/MI

7

DIAN WAHYUNINGSIH

 

P

KEPALA SEKOLAH

MI MUHAMMADIYA, MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SD/MI

8

SUBANDI

L

 

GURU

SDN BANGUNSARI 02

Fasda Pembelajaran SD/MI

9

SUMARNI

 

P

GURU

SDN KRAJAN 01 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SD/MI

10

ENDANG HARWATI

 

P

GURU

SDN BANGUNSARI 01

Fasda Pembelajaran SD/MI

11

NIKEN KUSDWI NURHAYATI

 

P

GURU

SDN PURWOREJO 03 GEGER

Fasda Pembelajaran SD/MI

12

Mila Hariyanti

 

p

GURU

SDN Jatisasi 03

Fasda Pembelajaran SD/MI

13

SETYAWATI

 

P

GURU

SDN SUMBEREJO 01

Fasda Pembelajaran SD/MI

14

ROUF SOFWAN

L

 

GURU

MI SAILUL ULUM PAGOTAN

Fasda Pembelajaran SD/MI

15

KARUNIA ATIK NURBAIN

 

p

Guru

SDN KRAJAN 02 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SD/MI

16

DRS. SUGENG WIDODO, MPD

L

 

PENGAWAS

DINAS PENDIDIKAN KAB MADIUN

Fasda MBS SMP/MTs

17

SUDJITO

L

 

PENGAWAS

DINAS PENDIDIKAN KAB MADIUN

Fasda MBS SMP/MTs

18

DRS. YITNO DARMINTO

L

 

KEPALA SEKOLAH

MTSN CARUBAN

Fasda MBS SMP/MTs

19

SUBROTO

L

 

KEPALA SEKOLAH

SMPN 3 GEGER

Fasda MBS SMP/MTs

20

SIKUN

L

 

PENGAWAS

DINAS PENDIDIKAN KAB MADIUN

Fasda MBS SMP/MTs

21

ARMYTA PUSPITASARI, S.Pd.I

 

P

GURU

MTS TRI BHAKTI

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

22

AGUNG SETYO NUGROHO

L

 

GURU

SMPN 2 GEGER

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

23

WENI WAHYU PUSPITORINI

 

P

GURU

SMPN 3 GEGER

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

24

DEWI ANDADARI

 

P

GURU

SMPN 2 DAGANGAN

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

25

NYUGOTO ADJI DWI UTOMO

L

 

GURU

SMPN 2 GEGER

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

26

MINARTI, S.PD

 

P

GURU

SMPN 4 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

27

SUNARNO

L

 

GURU

SMPN 3 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

28

DRA. MUFTIATI SHOLIHAH

 

P

GURU

SMPN 4 MEJAYAN

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

29

EDY AGUS MARDIONO

L

 

GURU

SMPN 2 BALEREJO

Fasda Pembelajaran SMP/MTs

30

DEVI ROSITA SANTHI, S.PD.SD

 

p

GURU

SDN Ngampel 01 Mejayan

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

31

SITI NURIDA, S. PD.

 

p

GURU

SDN Bangunsari 03 Mejayan

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

32

VIVIN YUNI ERLINNANINGSIH, M.PD

 

p

GURU

MIN Klagenserut

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

33

SRI NGAISAH, S.PD

 

p

GURU

MIN Bancong

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

34

NINIK MARGANINGSIH

 

p

GURU

SDN Sidorejo 1

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

35

NIASTORO SIMATUPANG

L

 

GURU

SDN Jiwan 1

Fasda Buku Bacaan Berjenjang

 Data fasilitator daerah kabupaten Madiun desember 2016

Peran Fasilitator daerah (Fasda) adalah:

  1. Melatih Guru-guru di sekolah Mitra Usaid Prioritas  tentang pelatihan-pelatihan pembelajaran dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang telah di latihkan.
  2. Melakukan tindak lanjut dari pelatihan-pelatihan di sekolah-sekolah Mitra Usaid Prioritas
  3. Mendampingi dan menjadi mentor sejawat bagi guru-guru dan sekolah dampingan Usaid Prioritas dalam pelaksanaan pemebelajaran dan MBS.
  1. A.        SOSIALISASI PROGRAM PRIORITAS DAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH

Kegiatan sosialisasi program PRIORITAS dilaksanakan pada tanggal  11 Februari 2013, jam 08.00 s/d jam 14.00dan dihadiri 65 orang yang terdiri dari kepala sekolah mitra, calon fasilitator, bidang2 terkait dalam Dinas Pendidikan (bidang TK-SD, Dikmen, Tendik), kantor Kemenag (Mapenda). Pada acara ini juga diundang perwakilan instansi stakeholder (Bappeda, BKD, Dewan Pendidikan bahkan DPRD komisi Pendidikan) dan dijelaskan pentingnya peran serta dukungan stakeholder dalam mempengaruhi perubahan atau peningkatan dalam dunia pendidikan formal, khususnya pendidikan dasar.Secara subtansi, acara inti sosialisasi adalah memberikan paparan program USAID PRIORITAS melalui presentasi.Dalam pemaparan tersebut juga dijelaskan peran dan fungsi fasilitator daerah dalam Program USAID PRIORITAS yang dilanjutkan dengan diskusi terbuka.Kegiatan diskusi tersebut adalah untuk menyepakati rencana kegiatan USAID PRIORITAS di Kabupaten Madiun sekaligus dukungan dari para kepala sekolah serta instansi terkait kepada para calon fasilitator daerah yang telah terpilih untuk menjalankan perannya di kemudian hari.

  1. B.        KEGIATAN PRA PELATIHAN TINGKAT SEKOLAH

Di awal tahun 2013 kegiatan tingkat Sekolah masih banyak berkutat dengan pemenuhan data dan pencatatan profil sekolah mitra dan juga sekolah pembanding atau control di dua wilayah kecamatan. Kegiatan yang dimaksud diantaranya adalah ;

  • Pengambilan data awal sebagai Baseline data dari sekolah mitra yang disertai dengan foto.
  • Pemetaan Koordinat Sekolah mitra dan Pembanding jenjang SD/MI dan SMP/MTs (ODK).
  • Visit Sekolah, (bertemu dengan kepala sekolah, Guru dan Komite Sekolah)

Visit Sekolah merupakan kegiatan kontinyu yang dilakukan oleh DC (district coordinator Usaid Prioritas) kab. Madiun untuk mengetahui secara langsung permasalahan, kendala bahkan keberhasilan seputar adopsi “praktik yang baik”, yang diupayakan dilakukan oleh para guru, komite sekolah dan juga kepala sekolah

  1. C.        PEMILIHAN SEKOLAH ACUAN (Good Practice School)

Pemilihan sekolah yang menjadi best practice dengan melihat dari segi manajemen dan pembelajaran sekolahnya, Hal tersebut memberi gambaran sejauh mana perubahan yang terjadi pada sekolah-sekolah mitra setelah sekolah tersebut mendapatkan pelatihan-pelatihan dan pendampingan. Proses pembelajarannya serta peran serta masyarakat juga menjadi penilaian. Dukungan Dinas Pendidikan/ Kantor Kemenag dalam keberhasilan MBS di sekolah, perubahan sekolah yang signifikan dan manfaat yang diperoleh dari program, peran Pengawas dalam memajukan MBS di sekolah serta penerapan sekolah mitra dalam MBS, proses perumusan RKAS dan RKS serta pelibatan stakeholder dalam akuntabilitas dan transparansi adalah yang dinilai dalam pemilihan sekolah acuan.  Juga upaya yang telah dilakukan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pengembangan profesi dan kegiatan yang dilakukan di tingkat gugus. Di pembelajaran lebih di titik beratkan pada perubahan pada proses pembelajaran, perubahan pada peserta didik, dan juga ketika guru mengajar Adapun sekolah yang terpilih menjadi sekolah acuan adalah sebagai berikut:

  1. SMPN 3 Mejayan
  2. SMPN 4 Mejayan
  3. SDN Krajan 2 Mejayan
  4. MI Sailul Ulum

Kegiatan Sekolah acuan (GPS) adalah:

  1. STUDY VISIT TO GOOD PRACTICES SCHOOLS,

Kunjungan dari Sekolah GPS dan dinas serta kemenag ke Sulawesi Selatan untuk melihat perubahan dan pengelolaan manajemen sekolah dan pembelajarannya. Kunjungan dilakukan pada 19-22 Oktober 2014 di Sulawesi Selatan

Wakil dari sekolah acuan mendapat kesempatan melakukan kunjungan sharing (Study Visit) praktik yang baik ke Propinsi Sulawesi Selatan, Per sekolah baik jenjang sekolah dasar / MI dan SMP diwakili oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah yang masing-masing satu orang.  Dan mereka melakukan kunjungan ke sekolah sesuai pembagian berdasarkan jenjangnya, artinya yang jenjang SD ke jenjang SD dan yang jenjang SMP juga ke jenjang SMP.  Adapaun tujuan dari kunjungan itu adalah:

  • Mendapat gambaran disamping berupaya untuk menguatkan dan memperhatikan contoh nyata dari praktik yang baik tentang pembelajaran PAKEM/CTL dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) serta Komite Good Practice Schools, juga berdiskusi akan peran Pengawas/staff Dinas/Kemenag disamping berbagi pengalaman dalam mengelola sekolah.
  • Mengidentifikasi dan merumuskan kunci keberhasilan yang dicapai oleh sekolah serta mencatat apa saja yang bisa di ambil dari praktik yang baik dalam manajemen dan pembelajaran juga usaha dan strategi dalam meningkatkan kerja sama dengan masyarakat / lembaga / badan di luar sekolah

Dari Peserta kunjungan ini ada dari pihak Dinas Pendidikan yang langsung dihadiri bapak Kadis sendiri dan juga dari Kemenag. Ini merupakan bukti dukungan dari beliau akan keberlangsungan program Usaid Prioritas di Kabupaten Madiun.

  1. Pelatihan Good Practice School pada tanggal 13-15 Maret 2015di Hotel Santika Surabaya peserta dari Madiun adalah:
  • 4  kepala Sekolah GPS: MI Sailul Ulum Pagotan, SDN Krajan 02, SMPN 3 Mejayan, SMPN 4 Mejayandan
  • 8 guru dari sekolah GPS
  1. Melakukan perubahan inovasi dan kreatif pada manajemen dan pembelajaran di sekolah GPS
  2. Menjadi Sekolah kunjungan dan acuan bagi sekolah-sekolah mitra yang lainnya.
  3. D.        KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS DAN MUTU SEKOLAH BERBASIS GUGUS/RAYON

Prinsip pengembangan kapasitas sekolah yang dipraktikkan adalah pendekatan berbasis sekolah yang menyeluruh di mana semua unsur sekolah (Kepala sekolah, guru , dan komite) ikut mengambil peran dan bertanggung jawab atas mutu sekolah. Serangkaian kegiatan diselenggarakan untuk peningkatan mutu pendidikan.

Pola Pengembangan Kapasitas Sekolah Berbasis Gugus/Rayon

TOT

(Penyiapan Fasilitator)

 

Pelatihan

 

Pendampingan

 

Hasil

  1. Ada Modul yang baik
  2. Peserta ToT   melalui proses seleksi
  3. Fasilitator ToT adalah penulis modul atau fasilitator terlatih
  4. Ada persiapan yang memadai

 

 

  1. Semua sekolah di gugus/rayon dilatih bersama
  2. Peserta adalah semua guru, kepala sekolah dan komite
  3. Pelatihan dilakukan secara aktif dan ada praktik
  4. Ada RTL

 

  1. Pendampingan dengan pola lesson study
  2. Dilakukan oleh fasilitator (kepada guru, kepala sekolah dan komite)
  3. Menggunakan KKG/MGMP/KKKS/MKKS dan praktik di sekolah

 

  1. Mutu pembelajaran yang meningkat
  2. Dimonitor secara regular dengan indikator yang jelas
  3. Keberhasilan dipamerkan dalam showcase

 

 

 

UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

 

NEW

February 23rd 2018Views 5Comments 0Rating 0
February 23rd 2018Views 7Comments 0Rating 0
February 22nd 2018Views 3Comments 0Rating 0
February 19th 2018Views 7Comments 0Rating 0
February 15th 2018Views 18Comments 0Rating 0
February 14th 2018Views 21Comments 0Rating 0
February 12th 2018Views 14Comments 0Rating 0
February 9th 2018Views 27Comments 0Rating 0
February 7th 2018Views 25Comments 0Rating 0
February 6th 2018Views 42Comments 0Rating 0
February 5th 2018Views 25Comments 0Rating 0
February 4th 2018Views 31Comments 0Rating 0
February 2nd 2018Views 31Comments 0Rating 0
February 1st 2018Views 32Comments 0Rating 0
January 31st 2018Views 44Comments 0Rating 0
January 31st 2018Views 30Comments 0Rating 0
January 30th 2018Views 29Comments 0Rating 0
January 29th 2018Views 32Comments 0Rating 0
January 26th 2018Views 38Comments 0Rating 0
January 25th 2018Views 57Comments 0Rating 0
January 25th 2018Views 39Comments 0Rating 0
January 24th 2018Views 38Comments 0Rating 0
January 23rd 2018Views 123Comments 0Rating 0
January 23rd 2018Views 36Comments 0Rating 0
January 17th 2018Views 56Comments 0Rating 0