DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KEWIRASWASTAAN

 

 

 

 

Sabtu, 9 Juni 2018, Kepala Sekolah SMPN 1 Wungu Muhammad Solihuddin dalam rangka persiapan menuju sekolah adiwiyata telah mengadakan studi banding ke daerah Pati Jawa tengah.

Tepatnya di daerah perkampungan ketanggan kecamatan telogowungu Pati, disana banyak bunga randu yang lebah nya menghasilkan madu dari sari bunga randu.

Lokasi SMPN 1 Wungu di tengah Hutan jati Kecamatan Wungu sangat cocok kalau mempunyai keinginan berguru di daerah pati jawa tengah tentang beternak lebah.

Menurut Solihuddin untuk mengisi bulan ramadan dengan belajar dari salah satu ilmu kewiraswastaan yang ditanamkan kepada anak sejak dini, yakni mendidik anak untuk melihat peluang yang bermanfaat, seperti apa yang sedang dilaksanakan sekarang.

Selai itu Beliau juga mendidik anak untuk kreativitas, karena dunia kerja semakin sempit dan sulit, maka kita harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Harapannya, siswa melaksanakan  praktek langsung di lapangan, otomatis secara tidak langsung akan mengerti manfaat dari beternak lebah, misalkan madu yang dihasilkan dari lebah bisa dijual untuk bisa menghasilkan uang, juga manfaat dari madu tersebut yang sangat benar-benar dibutuhkan oleh stamina manusia.

Selain mempelajari dari hasil dan manfaat beternak lebah, juga mempunyai target bahwa dimungkinkan sekitar SMPN 1 Wungu di masa akan datang bisa menjadi tempat pariwisata yang banyak didatangi dari pengunjung, apalagi di didukung udara di kaki pegunungan wilis yang sejuk.