DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SCIENCE CAMP DALAM RANGKA MENYIAPKAN MENTAL PESERTA DIDIK

Kegiatan rutin dalam mengakhiri masa pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah kegiatan Ujian Nasional yang setiap tahun menjadi polemik karena hasil Ujian Nasional belumlah mencerminkan kompetensi peserta didik yang sesungguhnya, namun bagaimanapun hasil darI Ujian Nasional merupakan kebanggan tersendiri bagi peserta didik, orang tua, dan sekolah. Suksesnya Ujian Nasional adalah sukses peserta didik, sukses orang tua, dan suksesnya sekolah dalam mengemban tugas mengantarkan peserta didik ke jenjang berikutnya.

 

Kegiatan yang spektakuler diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 Geger dalam menyongsong kegiatan Ujian Nasional 2019 yang dikemas dalam kegiatan Science Camp 2019 selama 2 hari, kegiatan tersebut meliputi: Out Bound, Science kompetition, Motivtation and Character Building, dan Parenting. Tujuan umum dari kegiatan ini adalah mensinergikan hubungan orang tua dan sekolah dalam menyiapkan mental peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional karena pendidikan bukanlah hanya tanggung jawab lembaga pendidikan tetapi juga merupakan tanggung jawab orang tua.

Sedangkan tujuan dari masing-masing kegiatan adalah sebagai berikut: Out Bound adalah salah satu kegiatan untuk menyiapkan peserta didik sehingga mampu bekerja secara individu dan secara tim dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. Science kompetition bertujuan untuk menyiapkan peserta didik secara akademik dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran di berbagai mata pelajaran. Motivation dan Charakter building adalah kegiatan dalam membentuk watak peserta didik sehingga peserta didik diharapkan menyadari setiap kompetensi dan kekuatan diri yang dimiliki sehingga dapat mengaktualisasi segala kemampuan diri secara maksimal untuk meraih suatu kesuksesan. Kegiatan parenting sangat bermanfaat untuk mensinergikan keinginan peserta didik dan orang tua dalam serta mengharmoniskan kembali hubungan anak dan orang tua yang mungkin selama ini kurang bagus karena adanya pemaksaan-pemaksaan kehendak baik dari orang tua maupun anak.

Kesuksesan kegiatan science camp SMPN 1 Geger tahun 2019 ini karena dukungan dari berbagai pihak: 1) kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Sodik Hery Puronomo S.Si yang terlibat langsung sebagai motivator dalam penyiapan mental peserta didik; 2) Paguyuban orang tua peserta didik SMPN 1 Geger yang memfasilitasi segala bentuk sarana dan prasarananya; 3) Tim Guru SMPN 1 Geger yang menyiapkan segala materi kegiatan baik secara akademik dan non akademik; 4) serta kerjasama pihak sekolah dengan Tim dari Amazing Trainner.

Menurut informasi salah satu guru pembimbing Wawan, jumlah peserta ada 96 siswa dan tempat pelaksanaan di Gedung Pusdiklat Perhutani Madiun.