DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMPERCANTIK DIRI

DOLOPO, Ada yang berbeda bila anda memasuki gerbang SMPN 1 Dolopo. Lingkungannya tampak nyaman, asri, bersih, sejuk dan hijau. Taman-taman kecil di depan setiap kelas terawat baik dengan bunga warna-warni bertuliskan nama-nama latin menempel di dekatnya.Ya, SMPN 1 Dolopo tengah berbenah. Mempercantik diri untuk menjemput Adiwiyata.

Tahun 2017 ini SMPN 1 Dolopo bertekat mewujudkan  sekolah Adiwiyata. Meski sebenarya bukan gelar atau predikat yang menjadi tujuan uatma.Menjadikan sekolah sebagai kawasan hijau yang bersih dan sehat lebih penting.

“Suasana yang bersih, sehat, sejuk, dan akan menciptakan suasana belajar yang kondusif, yang akan membuat anak-anak nyaman belajar. Otomatis, hal ini akan meningkatkan prestasi belajar, “ begitu harapan Drs. Sugiyo, M.Pd., kepala SMPN 1 Dolopo yang menjabat sejak 2012.

“Untuk mewujudkan hal itu sekolah sudah melaksanakan beberapa hal. Diantaranya, membenahi sarana dan prasarana untuk mendukung kebersihan, membangun sanitasi, menyediakan MCK sesuai proporsi anak, satu kelas satu MCK, mempercantik taman, dan yang lebih penting, membangun budaya bersih dan sehat kepada seluruh warga sekolah,” terang kepala yang berpenampilan dandy ini.

Memang benar apa yang diungkap pemangku sekolah ini. Untuk menyukseskan program Adiwiyata, sekolah sudah mencanangkan beberapa program. Diantaranya,  semua kantin dilarang menjual mamin yang mengandung 5P (Pengawet, perasa, pewarna, pengenyal dan pemanis buatan).  Di samping itu, setiap kelas diberi tanggung jawab, ada one class one park, Sabtu bersih, dsb.

“Tentu saja untuk mewujudkan itu semua diperlukan sinergi yang apik antara sekolah dan  stake holder. Tidak hanya masalah dana, tetapi keterlibatan warga sekolah dan warga sekitar, dengan semangat kebersamaan dan gotong royong menjadi modal utama, “ tukas pak Sugiyo mengakhiri  penjelasannya. (Abdul Hakim, S.Pd., Guru SMPN 1 Dolopo) RDR BLM