DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

DISIPLIN, BERKARAKTER, PRESTASI

 

Saradan- SMP Negeri 4 Saradan Kabupaten Madiun telorkan siswa-siswi berkualitas dengan disiplin, berkarakter dan selalu bekerja keras. SMP Negeri 4 Saradan yang berdiri tanggal 21 April 1998 masih begitu muda memang, namun soal prestasi akademik maupun non akademik selalu membanggakan . Sekolah yang berada di desa Sumbersari, kecamatan Saradan ini jauh dari kebisingan lalu lalang kendaraan bermotor. Hal ini justru terasa tenang, sejuk, nyaman dan teduh dengan kerindangan pohon-pohon yang tumbuh subur di halaman. SMP Negeri 4 Saradan terus berbenah diri baik pengembangan fisik maupun nonfisik.

Sekolah yang selalu menanamkan disiplin dan penguatan pendidikan karakter ini selalu menelorkan siswa-siswi yang berprestasi. Terbukti di bidang akademik SMP Negeri 4 Saradan 2 tahun terakhir ini selalu masuk sepuluh besar rata-rata nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Negeri dan swasta sekabupaten Madiun. Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Tingkat Kabupaten Madiun siswa-siswi SMP Negeri 4 Saradan selalu tampil dan berprestasi Tahun 2016 atas nama Firma Nur Mustakim sebagai peringkat 3 mapel Matematika ,Tahun 2017. siswi atas nama Alfath Nur Hidayat peringkat 4 mata pelajaran IPS. Capaian prestasi dibidang akademik itu tidak lepas dari penerapan disiplin dan pendidikan karakter yang selalu digelorakan sejak dulu ungkap Kepala SMP Negeri 4 Saradan Drs. Jarwanto.

Dijelaskan Drs. Jarwanto beberapa koleksi piala kejuaraan yang diraih sekolahnya saat ini diantaranya juara 1 Lomba Kreasi Sampah tingkat SMP/MTs Kabupaten Madiun tahun 2017. Juara 3 pencak silat kelas D putra dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tingkat Kabupaten. Madiun tahun 2017 .Juara 3 Renang 50 M gaya dada Putri dalam  O2SN SMP tingkat Kabupaten Madiun tahun 2017. “ Dengan disiplin, berkarakter kuat, bekerja keras, mandiri dan berintegrasitas yang tinggi namun menyenangkan tentu mampu menghasilkan karya yang bernilai,” ujarnya.

Menurut Drs. Jarwanto pendidikan karakter memang terus digelorakan dan di tanamkan kepada siswa ada 5 karakter utama yakni karakter relegius, nasionalis, mandiri, gotong - royong dan integritas. Untuk menanamkan nilai-nilai nasionalis sebelum KBM seluruh siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan membaca Asmaul Husna untuk menanamkan nilai-nilai religious, setelah itu baru pembiasaan literasi di sekolah dan siswa diberi kebebasan membaca literatur-literatur yang diminati. Pembiasan dan penguatan nilai karakter itu  dilaksanakan setiap hari 30 menit sebelum KBM.

Adapun harapan kedepan untuk sekolah ini Drs. Jarwanto menjelaskan kedepannya SMP Negeri 4 Saradan dengan selalu menanamkan pendidikan karakter, disiplin, mengelorakan pembiasaan literasi bisa semakin berprestasi ( L.Susilo, )

PRESTASI SMP NEGERI 4 SARADAN

  • Juara 1 Lomba Kreasi Sampah tingkat Kabupaten tahun 2017
  • Peringkat 4 OSN Mapel IPS tingkat Kabupaten tahun 2017
  • Juara 3 Renang 50 Mater Gaya Dada Putri (O2SN) tingkat Kabupaten tahun 2017
  • Juara 3 Silat Kelas D Putra (O2SN) tingkat Kabupaten tahun 2017
  • Juara 3 OSN Mapel Matematika tingkat Kabupaten tahun 2016
  • Juara 1 Gerak Jalan Putra SMP/SMA tingkat Kecamatan tahun 2016
  • Juara 1 Gerak Jalan Putri SMP/SMA tingkat Kecamatan tahun 2016
  • Juara 2 Tetembangan Pekan Seni Pelajar tingkat Kabupaten tahun 2016

KS : Drs. Jarwanto

RDR : TIGA KUNCI UNTUK CETAK PRESTASI (28 AGUSTUS 2017)