DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MAGNET SISWA

 

Ekstrakurikuler atau ekskul dongkrek SDN Mlilir 03, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun menjadi magnet siswa dalam belajar kesenian. Melalui Dongkrek siswa belajar tentang kesenian budaya. “Agar kegiatan berjalan dengan baik, kami menunjuk guru kelas IV Reni Hermantya, S.Pd untuk membimbing anggota ekskul dongkrek,” ungkap Kepala SDN Mlilir 03 Yuli Hermawati, S.Pd. Ibu Kepala Sekolah kadang terjun sendiri dalam melatih tari karena beliau juga jebolan STKW (Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta) Surabaya tahun 1988.

Ekskul tersebut melibatkan puluhan siswa dari kelas IV, V dan VI. Selama seminggu sekali mereka berlatih dan belajar tentang dongkrek.Baik musik dongkrek maupun  gerakan tarian. Perlahan tapi pasti, para siswa sangat giat berlatih hingga piawai dalam bermain alat musik dongkrek maupun gerakan tarian  tersebut.

Tidak hanya jago kandang, kini para siswa mulai unjuk kemampuan dalam berbagai event.Bahkan mereka juga pernah tampil dalam acara Gerebek Suro di Umbul yang disaksikan oleh Pejabat Pemerintahan dan masyarakat.

Yuli Hermawati, S.Pd menambahkan, kehadiran ekskul ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Melainkan juga pada masyarakat yang semakin percaya untuk menyekolahkan putra-putrinya di SDN Mlilir 03. Ekskul di SDN Mlilir 03 selain Dongkrek juga ada Tari, Hadroh, Pramuka, PKS.

Di bidang akademik SDN Mlilir 03 tidak kalah dengan sekolah lain hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang menang menjadi juara 2 lomba MIPA di tingkat Kabupaten. Di bidang Olahraga untuk O2SN cabang atletik kids putra dan POR untuk cabang tolak peluru putra juga pernah menjadi wakil kabupaten Madiun untuk maju ke tingkat Provinsi. Target kami kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mlilir 03 semakin solid dan bisa membawa dampak positif kepada para siswa dan sekolah, tegasnya.