DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KONSISTEN LESTARIKAN BUDAYA JAWA

 

 

 

 

BALEREJO– Jawa memiliki banyak kesenian tradisional. Namun tidak banyak yang mau melestarikan budaya tersebut. Salah satu dari segelintir itu yakni belasan siswa SDN Kebonagung 01, Kabupaten Madiun. Seni tari dan karawitan dipilih sebagai ekskul, sebagai bentuk konsitensi pelestarian budaya Jawa. ‘’Memang hampir semua SD punya kegiatan ini. Tapi dengan keterbatasan sarana prasarana, kami berjuang lebih keras lagi,’’ ungkap Kepala SDN Kebonagung 01 Winarni, kemarin.

Dua kesenian itu, lanjut Winarni saat ini sedang digalakkan sekolah. Secara rutin, para siswa yang tergabung dalam ekskul tersebut aktif berlatih. Untuk tari, biasanya banyak diminati para siswi. Minimal seminggu sekali mereka berlatih. Begitu juga untuk seni karawitan. ‘’Saat ini untuk alat musik karawitannya masih pinjam ke tokoh masyarakat. Sekolah belum mampu beli,’’ ujarnya.

Meski begitu, lanjut Winarni kondisi tersebut tidak menyurutkan minat siswa dalam berlatih. Sebaliknya, mereka sangat termotivasi dengan bimbingan para guru yang terus mendukung dan melatih siswa. Dengan keterbatasan itu, siswa justru ingin menampilkan yang terbaik. ‘’Melalui kesenian ini, siswa juga bisa belajar banyak hal. Disiplin, percaya diri, tanggung jawab dan kekompakan juga menjadi poin plus bagi mereka,’’ paparnya.

Tidak hanya tampil dalam kegiatan sekolah, kelompok tari maupun karawitan tersebut juga pernah unjuk kebolehan di depan masyarakat desa. Salah satunya, mereka tampil saat acara HUT Kemeredekaan RI tahun 2017 lalu. ‘’Selain dampak kemandirian siswa, kegiatan itu juga berimbas pada prestasi akademik mereka,’’ tegasnya.