DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

NUANSA PONDOK PESANTREN

 

Indahnya kebersamaan dalam kesederhanaan, mensyukuri nikmat ramadan dengan buka bersama dan salat magrib berjamaah untuk mewujudkan semangat Maju Bersama Hebat Semua sesuai amanah dari moto Kepala Dinas, itulah pesan dari Kepala Sekolah Sobrah sekaligus mengakhiri tahun pelajaran 2017/2018.

Kegiatan pondok ramadan dengan mengawali salat Magrib berjamaah dipimpin Imam bapak Sarbun, walau sebenarnya ribet, namun dengan ketekunan ibu guru SDN Sobrah dengan sabar untuk menyiapkan buka bersama.

Setelah salat magrib berjamaah berdoa bersama untuk menikmati buka bersama, menu makanan disajikan dengan meniru gaya pondok pesantren besar pada umumnya, yakni di atas pohon pisang yang panjang, yang menandakan sebagai lambang kebersamaan sesama santri.

Kegiatan buka bersama ini terlaksana dengan biaya infak seluruh siswa pada  setiap hari jumat, sehingga untuk event peringatan hari besar agama, siswa siswi SD Sobrah tidak perlu iuran lagi.

Selain siswa bapak/ ibu guru pun ikut menikmati buka puasa bersama anak anak, dengan demikian keakraban antara anak didik dan bapak ibu guru bisa terjalin.

Pesan dari bapak Sarbun sebagai imam, setelah meninggalkan ramadan nanti, siswa diharapkan selalu menjaga kebiasaan yang dilakukan selama ini, ketaqwaan harus sama, tidak kendur bahkan klau bisa lebih bisa ditingkatkan lagi.

Selalu mengontrol makanan jangan sampai berlebihan, selain itu harus berubah, tidak sombong dan riak, karena hal itu merupakan kendala bagi semua siswa yang akan mencapai surga Allah SWT.

Sekecil tingkat taqwa manusia akan tetap masuk surga, sebaliknya betapa besarnya tingkat taqwa seseorang, apabila mereka sombong dan riak akan sulit mencapai surga, hal ini penting dipahami karena apa yang akan kita lakukan di dunia, entah kapan pasti dan tentu akan menanggung akibat dari perbuatan tersebut.

harapannya, selalu berbuatlah kebajikan kepada sesama dan lingkungan, agar kita dan anak cucu kita nanti akan memetik dari hasil yang kita perbuat dulu, sekali lagi hidup harus selalu mendapat berkah dari Allah SWT, tanpa Nya, betapa hebat atau kaya raya nya seseorang yang mempunyai banyak harta, hidup kalian tidak akan bisa tenang dan bahagia.