DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMPERHALUS EMOSI SISWA

Pembangunan karakter generasi muda tidak terlepas model pendidikan anak sejak dini, salah satunya mendidik kecerdasan emosi seperti yang dilakukan SDN Dagangan 02 Kecamatan Dagangan agar emosi siswa menjadi lebih halus dan lembut.

Sekolah memberikan pendidikan keagamaan termasuk salah satunya melalui seni hadrah, “secara tidak langsung emosi siswa, juga akan berdampak pada kemampuan akademis serta perilaku keseharian,” ungkap kepala SDN Dagangan 02 Suwito.

Suwito menjelaskan banyak hal sudah beliau dan guru sekolah lakukan sebagai upaya untuk melatih kecerdasan emosi siswa, salah satu metode paling menonjol, yakni melalui berbagai membiasakan kegiatan keagamaan.

Seminggu sekali para siswa berlatih kesenian hadrah, melalui kombinasi seni musik dan lagu Islam, emosi siswa menjadi lebih lembut dan kuat, “siswa bisa belajar banyak hal, melalui seni bermusik khas Islam ini, “ katanya.

Agar latihan lebih terjadwal, lanjut suwito kegiatan itu tercatat sebagai ekstrakurikuler atau kokurikuler di SDN Dagangan 02 secara bergantian, para siswa belajar tentang kesenian tersebut.

Ada yang bertugas sebagai pemain rebana, serta vokal, latihan terpusat di musala yang masih berada di komplek sekolah, “ antusias siswa sangat luar biasa dan musik ini sangat bagus untuk perkembangan mental mereka,” katanya.

Tidak hanya hadrah, imbuh suwito untuk mendidik emosi siswa, sekolah juga menerapkan berbagai kegiatan keagamaan lainnya, seperti wajib salat dhuhur berjamaah, ekskul qiroah, hingga menghafal Alquran, “kegiatan ini juga bertujuan untuk membentengi siswa dari pengaruh negatif perkembangan teknologi,”