DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

CERPEN MATEMATIKA, SASTRA JAMAN NOW

Jangan menerka isi buku dari covernya. Ungkapan ini cocok bila pembaca melihat sampul buku Cinta di Balik Angka, Cinta Bertabur Logika, The Amazaing of Love serta The Art of Math. Menyimak judulnya, pasti banyak mengira, buku itu sejenis novel remaja atau bergenre fiksi ilmiah. Tidak 100% salah. Karena buku-buku itu memang karya sastra berbentuk fiksi. Berkisah seputar kehidupan dengan bumbu penyedap romansa kehidupan yang akan membuat pembaca tersenyum, sedih, penasaran, dan bisa jadi mengernyitkan dahi.

Mengapa bisa demikian? Ya, karena dalam alur ceritanya ada yang unik, berupa soal-soal matematika terintegrasi dalam cerpen. Istimewanya, buku-buku itu karya siswa-siswa SMPN 1 Dolopo Kabupaten Madiun. di bawah bimbingan penulis, yang mengampu mata pelajaran matematika. Sudah tiga tahun, penulis menerapkan pembelajaran matematika dengan membuat cerpen matematika (cermat). Awalnya mereka dikenalkan cerpen matematika, berlanjut membuat cermat mini yang terdiri dari satu kompetensi dasar, hingga akhirnya dilatih menyusun cermat multi kompetensi dasar.

Dengan adanya cermat, anggapan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tergerus. Matematika bisa dibuat sesuatu yang menarik, indah dan bermakna asal dikemas dengan apik. Pembuatan cermat memerlukan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, tidak asal membuat cerpen. Mereka harus pintar menyisipkan matematika, serta mampu memecahkan masalah ataupun soalnya sendiri. Sehingga, kelak jika pembaca mencoba memecahkannya, pembuat cermat bisa mengecek kebenarannya.

Cermat itu multi fungsi. Tidak saja penyusunnya, pembacanya pun diajak berpetualang, berpikir kritis dan  kreatif dalam suguhan cerita hasil imaginasi buah pikir anak. Anak-anak  belajar mengkomunikasikan idenya, baik secara kolaboratif maupun individu. Cermat ini juga sebagai bentuk diversifikasi pembelajaran dan penilaian ketrampilan dalam kurikulum 2013. Dengan semakin seringnya siswa membuat cermat, siswa dilatih untuk membiasakan diri menulis sebagai bentuk pembudayaan literasi.