DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENATA RIAS TERBAIK, JUGA JUARA HARAPAN II KARAWITAN

Kompetisi tahunan yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Madiun, yakni lomba seni da tradisi 2018 menjadi momen membanggakan bagi para pemenang. Tanpa terkecuali SDN Mlilir 01 Kecamatan Dolopo kali ini terpilih menjadi peñata rias terbaik serta juara harapan II Karawitan.

Butuh proses yang panjang agar bisa meraih prestasi ini, dan ini harus terus kami tingkatkan, ungkap kepala SDN Mlilir01 Triwiyani, dijelaskan untuk dalam even kali ini sekolah mendapat dua penghargaan sekaligus, capaian prestasi itu tentu saja membuat seluruh warga sekolah, khususnya pelatih sangat senang dan bangga.

Khusus untuk pertunjukan, Triwiyani sengaja menyiapkan siswa sejak jauh hari sebelum kompetisi, tepatnya selama satu bulan latihan rutin kami laksanakan dua kali dalam seminggu, kalau latihan regular, setiap jumat mulai pukul 14.00 sampai 10.00.

Kepada para siswa yang tergabung dalam ekskul karawitan itu, Triwiyani berpesan agar menyuguhkan pertunjukan yang apik, melainkan juga sebagai totalitas dalam melestarikan budaya leluhur.

Maklum, saat ini banyak sekali generasi muda yang kurang menghargai serta nguri-nguri budaya tersebut, kami selalu menanamkan kepada sisw agar mau melestarikan budaya nenek moyang mereka agar tidak hilang.

Untuk urusan piñata rias dan busana , Triwiyani mempercayakan keahlihan itu kepada salah seorang gurunya, yakni Nazalian Zikri Annisar, dengan riasan simple dan tanpa mengurangi ke khasan sinden karawitan para siswa tampil anggun dan elegan, termasuk kombinasi warna busana yang dipilih juga terlihat serasi, ada 12 penabuh gamelan atau yogo dan delapan sinden.