DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KREATIF DENGAN SEPEDA HIAS


Menggali kreatifitas sekaligus melatih kerja sama siswa, bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menghias sepeda, seperti dalam lomba yang digelar SDN Sangen 01 dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 pada Kamis 16 Agustus 2018 lalu.

Karena tidak hanya siswa, para guru juga ikut terlibat dalam lomba, jadi kami merasa semakin dekat, antara satu dengan lainnya, kata kepala SDN Sangen 01 Sundari kemarin.

Dijelaskan Sundari, sedikitnya ada 100 siswa terlibat dalam kegiatan tersebut, mereka menghias sepeda masing-masing, dengan pernik hiasan, seperti gambar bendera, pita berbahan kertas hias, hingga tali raffia.

Bentuk hiasan mereka pun beragam, mulai dari pita yang dililitkan di setiap bagian sepeda, balon hingga ada yang dibentuk menyerupai kupu-kupu dan ditempel  dibagian depan sepeda, hiasan itu hasil kerja sama setiap siswa dengan orang tua masing-masing, ada juga yang sesama teman, katanya.

Selesai dihias, kata Sundari siswa yang saat itu mengenakan kaos olahraga diminta untuk mengayuh sepeda mereka keliling desa, tentu saja, dengan pengawalan ketat dari para guru, sedangkan orang tua lebih memilih memantau putra putri mereka dari jauh dan bergabung dengan para warga yang menyaksikan di pinggir jalan, kami juga bekerja sama dengan anak –anak TK Dharma Wanita setempat, ujarnya.

Sundari menambahkan, acara semakin meriah saat puluhan siswa dari TK Dharma Wanita setempat ikut bergabung, mereka juga ikut berkeliling desa, dan merayakan peringatan HUT RI ke 73 bersama-sama, kami berharap dengan kegiatan ini, siswa lebih termotivasi dalam belajar dan berkreasi, terangnya.

Kegiatan sepeda hias kali ini, tambah Sundari bisa menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap peringatan HUT RI, selain bisa bermain dan bergembira, para siswa juga diharapkan mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar sekolah.

Mereka jadi lebih mengenal kondisi lingkungan, dengan berkeliling desa, siswa juga bisa belajar berkomunikasi dengan masyarakat, tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, tegasnya.

Selain sepeda hias, SDN Sangen 01 juga menggelar lomba lain, salah satunya yakni lomba angkat baki bambu, dengan melibatkan para guru sebagai peserta.