DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KURBAN, CARA BELAJAR MEMAKNAI KETELADANAN NABI

Hari Raya Idhul Adha 1439 hijriyah kali ini, menjadi momen special bagi warga SDN SIrapan 02 Kecamatan Madiun, mereka belajar tentang keteladanan Nabi Ibrahim AS, dengan berkurban satu ekor sapi yang dibagikan kepad warga dan siswa kurang mampu.

Ini merupakan kegiatan rutin kami setiap tahun, ungkap Kepala SDN Sirapan 02 Sri Wibiwati kemarin 23 Agustus 2018, menurut Beliau, banyak pelajaran moral dan sosial yang bisa dipelajari siswa melalui kegiatan kurban.

Semua itu untuk belajar bersikap pasrah dan ikhlas terhadap sesuatu yang bertujuan untuk ibadah kepada Allah SWT, kemudian belajar menumbuhkan sikap peduli kepada sesame khususnya mereka yang kurang mampu dengan membagikan daging kurban.

Dengan berbagi kepada mereka yang kurang mampu bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi penerima daging kurban, selain itu, siswa juga belajar agar tidak bersikap tamak dengan hal-hal yang bersifat duniawi.

Melalui kurban juga, bisa membersihkan harta sekaligus membersihkan rezeki yang sudah diberikan Allah SWT, kurban juga bisa mengajarkan kepada para siswa agar memiliki sifat dermawan, membangun solidaritas sekaligus menjadi bekal pahala kelak, imbuhnya.

Sri Wibiwati menambahkan, selain para siswa dan pengurus komite sekolah sedikitnya ada 30 warga sekitar yang menerima daging kurban tersebut, bisa menjalin silaturahmi dengan para warga sekitar, dulu kami mendapat hewan kurban dari iuran spontan dari para guru dan donator, tetapi dua tahun ini, dana kami peroleh dari arisan para guru, tegasnya.