Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KENALKAN RUKUN HAJI LEWAT MANASIK

Rukun haji wajib diketahui seluruh umat muslim, tanpa terkecuali para siswa SD di seluruh Kabupaten Madiun, mengacu hal tersebut , ribuan siswa SD menggelar manasik haji yang digelar awal juli 2018 lalu, kegiatan ada yang dilaksanakan setiap gugus, ada juga oleh masing-masing kecamatan, kata Purwanti Kepala SDN Kradinan 03 kemarin.

Dijelaskan purwanti, kegiatan itu dilaksanakan pada Sabtu 4 Agustus 2018 lalu, bertempat di desa Kradinan, kegiatan itu melibatkan sedikitnya 1400 siswa yang tergabung dalam kelompok gugus 65 di Kecamatan Dolopo.

Jumlah itu berasal dari seluruh siswa dari delapan SD, meliputi SDN Kradinan 01, 02, 03 dan SDN Lembah 01 dan 02, sebagian ada juga dari Taman Kanak-Kanak dan kelompok belajar (KB), terangnya.

Dalam kesempatan itu, kata purwanti siswa mengikuti seluruh rangkaian rukun haji yang dilaksanakan secara simbolis, mulai dari proses miqod atau pemberangkatan, yang dimulai halaman rumah Kepala Desa Kradinan, lanjut dengan wukuf di Arafah yang berlokasi di Masjid Desa Kradinan, kemudian melanjutkan perjalanan ke Muzdalifah, lalu ke Mina untuk melempar jumroh, Thawab dan tahallul yang dipusatkan di lapangan desa di Kecamatan Dolopo ada empat gugus, masing-masing melaksanakan rangkaian selama satu hari, Imbuhnya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan puluhan SD di Kecamatan Kebonsari, salah satunya, SDN Tanjungrejo 03 yang tergabung dengan 25 sekolah SD lainnya, sedikitnya da 71 siswa, dan guru SDN Tanjungrejo 03 mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut kami kemas semirip mungkin dengan ibadah haji di tanah suci, jadi ada pembagian kloter maupun pendamping haji juga, papar kepala SDN Tanjungrejo 03 Purwadi.

Purwadi menambahkan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, kegiatan dimulai pada 07.30 sampai pukul 11.00, acara tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Haery Purnomo, kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Madiun, tegasnya.