Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

TIDAK BETAH DAN MENINGGALKAN KELAS


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Sodik Hery Purnomo, S.Si menginformasikan bahwa Perkembangan kurikulum seiring dengan perkembangan zaman saat ini perlu ditunjang oleh kemampuan guru-guru dalam memanfaatkan media pembelajaran khususnya yang berbasis informasi dan teknologi yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kualitas capaian pembelajaran yang diharapkan.

Menurut informasi Kepala SMPN 2 Saradan, bahwa kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan, kompetensi pedagogik, Kompetensi profesional, dan meningkatkan kualitas semua guru SMPN 2 Saradan dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Karena kondisi para guru selama ini sebagian besar masih melaksanakan kegiatan pembelajaran mereka secara tradisional. Mereka masuk kelas tanpa menggunakan media selain buku paket pelajaran. Metode ceramah masih mendominasi jalannya pembelajaran di kelas, meskipun sudah berkali-kali semua guru mengikuti pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran baik melalui MGMP maupun workshop yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

Harapannya adalah agar bisa mengartikan, menjelaskan, menerapkan dan menggunakan pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran di ruang Media atau Lab Komputer, agar siswa tidak merasa bosan karena monoton dan kurang menarik sehingga mereka tidak betah berada di kelas dan banyak yang meninggalkan kelas tanpa ijin, hal ini berakibat rendahnya perolehan rata-rata nilai hasil Ujian Nasional 3 tahun terakhir ini.

Zainal Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai penanggung jawab kegiatan In House Training (IHT) dan didukung beberapa narasumber, yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo, S.Si, didukung . Tim IT SMPN 2 Saradan Mariyono, S.Pd, M.Pd dan  Drs. Agustinus Bambang.

Yang menarik perhatian adalah salah satu tokoh instruktur yang sudah malang melintang sebagai Kepala Sekolah di luar Negeri adalah Drs. Sirdjanul Ghufron, M. Ed. St. yang dulu Beliau mengawali karier pertama kali sebagai guru SMAN Uteran dan sekarang berubah nama menjadi SMAN 1 Geger.

Pelaksanaan Hari Sabtu, tanggal 25 Agustus 2018 tempat Ruang Media SMPN 2 Saradan Waktu 08.00 s.d 16.00 WIB.