DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KONSISTEN AJARKAN SIKAP SALING MENGHORMATI

Pendidikan karakter kini sedang menjadi tren model pembelajaran khususnya di jenjang sekolah dasar, termasuk SDN Sangen 01 Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, hal itu seiring dengan penerapan Kurikulum 2013 atau K13 dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu implementasinya, yakni dengan mengajarkan sikap sopan dan santun, serta saling menghormati kepada yang lebih tua maupun sesama teman di sekolah, ungkap kepala SDN Sangen 01 Sundari.

Sundari mengatakan, sikap saling menghormat juga diajarkan dalam berbagai bentuk, mulai dari cara berbicara, mengajarkan tugas secara bersama-sama yang diberikan guru, tidak boleh menghina, hingga menyampaikan kata permisi saat melintas di depan guru, banyak hal yang bisa diajarkan kepada siswa, untuk menumbuhkan sikap tersebut, katanya.

Tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari, lanjut Sundari, pihaknya juga mengajarkan sikap tersebut dalam bentuk yang lain, salah satunya dalam kegiatan yang diselenggarakan sekolah pekan lalu,tepatnya pada Rabu 6 September 2018 berupa kegiatan manasik haji.

Banyak manfaat yang diperoleh siswa, saat mengikuti kegiatan tahunan itu, siswa bisa belajar kerja sama dalam kegiatan tersebut, imbuhnya.

Sundari mencontohkan, saat melaksanakan kegiatan yang digelar di lapangan desa Kaibon itu siswa bisa belajar antre ketika masing-masing kelompok menyelesaikan tahapan demi tahapan acara, mereka tidak boleh saling mendahului  dan wajib memberikan kesempatan kepada teman sesuai dengan jadwal dan kelompok masing-masing.

Setidaknya ada 50 siswa yang terlibat dalam kegiatan itu, mulai dari kelas IV sampai VI dan itu kami bagi menjadi beberapa kelompok atau rombongan, tegasnya