DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MAKNA TAHUN BARU ISLAM TENTANG PERPINDAHAN

Kepala SDN Sugihwaras 03 Saradan I Made Widiasa mengatakan bahwa generasi sekarang ternyata masih banyak yang belum paham mengenai makna dari tahun baru islam, yang diketahui hanyalah banyak hiburan, entah wayang atau lainnya.

Akan tetapi belum paham betul makna apa yang terkandung didalamnya, SDN Sugihwaras 03 berusaha memberi pemahaman kepada seluruh siswa dengan mengadakan taaruf yang menampilkan hadrah yang dimilikinya.

Menurut I Mada, makna tahun baru Islam berawal dari Hijrah Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabat dari Mekah ke Madinah, artinya berpindah tempat, dapat diartikan juga siswa harus berusaha melakukan pindah untuk menuju yang terbaik.

Jadi perpindahan jangan diartikan sebagai sudut pandang yang sempit, tapi harus diartikan lebih luas lagi, misalkan perpindahan dari belum bisa shalat berusaha menjadi bisa shalat dan masih banyak contoh lagi.

pelaksanaan kegiatan ini tidak semata-mata sekedar hura-hura menghabiskan dana untuk kegiatan, akan tetapi lebih seperti semacam sosialisasi untuk memberi pengembangan pemahaman yang lebih luas lagi.

Setelah diberi sosialisasi, harapannya siswa bisa memahami dan mengaplikasikan sebagai kegiatan yang mempunyai makna, siapa lagi yang bisa mempromosikan tentang makna tahun baru islam, kalau bukan masyarakat sendiri.