DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMAHAMKAN PERISTIWA G30SPKI

Kepala SDN Brumbun Kecamatan Wungu Sayuti, S.Pd mengawali lawatan sejarah G30SPKI di Monomen kresek pada tanggal 22 September 2018 yang diikuti oleh siswa kelas 4 s.d 6 dan dibantu oleh mahasiswa UNIPMA yang kebetulan sedang mengadakan kegiatan magang di sekolah.

Kepala Sekolah tanggap dengan pentingnya situasi peristiwa sejarah G30SPKI, meskipun masih ada pertentangan pemahaman antar kelompok masyarakat, akan tetapi siswa harus mengerti karena peristiwa itu benar pernah terjadi dan sekaligus dalam rangka mengenang sejarah dan menanamkan jiwa patriotism.

Sebelum menuju monumen kresek siswa diberi pengarahan terlebih dahulu, tentang apa yang pernah terjadi sehingga setiap 30 September ada peringatan G30SPKI, sambil mengenalkan bahwa Madiun pernah terjadi pemberontakan besar-besaran akan menggulingkan NKRI.

Peristiwa semacan ini siswa diharapkan untuk mengerti dan jangan sampai mencontoh kegiatan yang merugikan negara ini dan lebih tragisnya lagi, sampai mencoreng nama baik wilayah Madiun itu sendiri.

Untuk memahamkan siswa agar setelah lawatan ini tidak sia-sia begitu saja, seluruh siswa disuruh mencatat  dan membuat laporan kegiatan sebagai pengembangan dan suksesnya program pemerintah, yakni literasi.