DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

BATIK SDN WUNGU 01

Implementasi Kurikulum 13 di Sekolah adalah mengembangkan kompetensi siswa dalam sikap,pengetahuan dan keterampilan sehingga siswa diharapkan mempunyai karakter,mempunyai pengetahuan dan keterampilan serta berpikir dan bertindak yang produktif dan kreatif. SDN wungu 01 sudah melaksanakan Kurikulum 13 (K13 ) mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Salah satu kegiatan dalam pembelajaran pada  satu tema dalam semester ini adalah kegiatan membatik jenis batik jumput, hal ini dilakukan oleh siswa siswi kelas 5 dalam kegiatan membuat batik jumput tersebut.

Adapun bahan yang digunakan adalah kain  putih, pewarna pakaian, kelereng,karet gelang,air cuka,air panci dan kompor untuk proses pewarnaan pakaian, dalam praktek batik jumput ini dilakukan berkelompok satu kelompok terdiri dari 6-7 siswa, Mereka membuat batik jumput berupa taplak meja.

Kedepan akan dikembangkan membuat batik jumput untuk digunakan sebagai seragam siswa. yg disetiap kelas yaitu kl 4 ,5 dan 6,membuat batik jumput dengan warna dan motif sesuai dengan selera anak. Sehingga anak anak akan bangga dan bisa menggunakan hasil karya mereka,dari ilmu yg didapat dari gurunya,suatu  kebanggaan bila ilmu dan keterampilan yg mereka dapat bisa berguna..