Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEBERHASILAN

Kata Yoseph  zins dkk dalam  Bukunya  “Emosional Intelegense and School Sucsess” Menegaskan bahwa kecerdasan Emosional yang di dalamnya terkait erat dengan pendidikan karakter , ternyata berpengaruh sangat kuat dengan keberhasilan belajar .Dalam buku tersebut.disampaikan bahwa ada sederet faktor resiko penyebab kegagalan anak di sekolah. Faktor – faktor tersebut ternyata bukan terletak pada kecerdasan intelektual melainkan pada karakter sebagai berikut.

  • Rasa Percaya diri

Dalam Proses belajar mengajar disekolah ,  peserta didik harus di bantu agar mempunyai rasa percaya diri yang baik .Rasa percaya diri ini dapatt di munculkan dengan memberikan bantuan kepdada peserta didik untuk menemukan kelebihan atau potensi yang ia miliki.Sungguh setiap anak manusia mendapatkan Anugerah dari Tuhan berupa kelebihan , potensi atau kecerdasan yang sangat perlu untuk di kembangkan.

  • Kemampuan bekerja sama

Karakter penting yang harus di bangun agar peserta didik dapat meraih keberhasilan baik di sekolah maupun setelah lulus.

  • Kemampuan bergaul

Selain di butuhkan kemampuan  dalam menjalin kerja sama dengan orang lain peserta didik juga harus di bangun karakternya agar mempunyai kemampuan dalam bergaul.

  • Kemampuan berempati

Kemampuan untuk berempati penting di miliki setiap pribadi termasuk para peserta didik sekolah dengan mempunyai empati seseorangakan bisa membangun kedekatan dengan orang lain , mempunyai tenggang rasa , ringan dalam memberikan pertolongan dan saling membantu.

  • Keamampuan berkomunikasi

Manusia adlah mahkluk sosial ia harus mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi sehingga ia bisa menjalin hubungan dengan orang lain .

Diantara tujuan Pendidikan Karakter dalam setting sekolah adalah sebagai berikut :

Menguatkan dan  mengembangkan nilai – nilai kehidupan yang dianggap penting dan perlu sehingga menjadi kepribadian, .Kepemilikan peserta didik yang khas sebagaimana nilai – nilai yang di kembangkan.Hal ini lah yang mendorong SDN Suluk 02 untuk melaksanakan dan menandai peringatan Hari Santri Nasional  tahun 2018 ini dengan menggelar lomba PIL DACIL. Kegiatan ini dilaksanakan dengan meriah di halaman SDN SULUK 02 PESERTA LOMBA PIL DACIL SISWA SD Kelas I s/d IV.

  • Peserta Lomba Dacil Kelas I  Sebanyak 3
  • Peserta Lomba Dacil Kelas 2  Sebanyak 4
  • Peserta Lomba Dacil Kelas 3 Sebanyak 2
  • Peserta Lomba Dacil Kelas 4 Sebanyak 4

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan :

  1. Memfasilitasi penguatan dan pengembangan nilai – nilai agama sehingga terwujud dalam perilaku anak , baik ketika proses sekolah mampu setelah Proses sekolah / Luls dari Sekolah .
  2. Mencari bibit – bibit dacil
  3. Upaya SDN SULUK 02 untuk meningkatkan Prestasi karena sudah 2 thn berturut – turut SDN SULUK 02 berprestasi

Tahun 2016 Juara III Pa Dacil Tingkat Kabupaten, Juara III PI Dacil Tingkat Kabupaten Dalam Rangka Pentas PAI yang diadakan oleh Kemenag Kab.Madiun, sedangkan Tahun 2017 Juara II PI Dacil Tingkat Kabupaten Juara III Pa Dacil Tk Kabupaten

Selain itu untuk menumbuhkan dan memotivasi siswa cinta Al – Quran  maka ibu kepala Sekolah Spontan memberikan tantangan kepeda siswa – siswi untuk  hafalan surah An – Naba’.Alhamdulilah ada  3 siswa yang sudah  hafal Surah An - Naba’ dan masing – masing  mendapat Rewerd dari ibu Kepala Sekolah.